Nah, Ratusan Personil Polres Wonogiri Dipaksa Jalani Tes Kesehatan, Ada Apa?

Personil Polres Wonogiri dan polsek jajaran menjalani pemeriksaan kesehatan luar dan dalam bertempat di Mako Polres Wonogiri, Kamis (18/4). dok Humas Polres Wonogiri
Personil Polres Wonogiri dan polsek jajaran menjalani pemeriksaan kesehatan luar dan dalam bertempat di Mako Polres Wonogiri, Kamis (18/4). dok Humas Polres Wonogiri

Ratusan personel Polres Wonogiri dipaksa menjalani tes kesehatan, Kamis (18/4).


Total sebanyak 359 personil Polres Wonogiri dan jajaran polsek menjalani pemeriksaan kesehatan luar dan dalam bertempat di Mako Polres Wonogiri.

Selidik punya selidik, tes kesehatan ini merupakan pemeriksaan ruitin dimana setiap personil Polres Wonogiri setiap tahunnya menjalani Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala. Pemeriksaan kali ini merupakan program Rikkes Tahun Anggaran (TA) 2024.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara rutin, minimal setahun sekali secara bergantian. Program rikkes ini merupakan bentuk perawatan kesehatan terhadap personel Polri dan ASN Polri,” ungkap Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

AKP Anom menjelaskan, medical check up diperlukan untuk melihat keadaan anggota dan untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan dalam keadaan baik. 

Jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan akan cepat dapat ditangani dengan diberi rujukan atau rekomendasi untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

Selain itu, rikes berkala ini sebagai upaya untuk memastikan kondisi tubuh personel tetap sehat dan prima dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Dari pantaun, dalam pelaksanaan rikkes tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan fisik, gigi /odontogram, Pemeriksaan Laboratorium (Darah, Urine),Rekam Jantung/EKG serta Rikeswa (Pemeriksaan Kesehatan Jiwa).