Nexa Class Buka Wawasan Teknologi Fiber To The Home di SMKN 4 Kendal

Nexa Class digagas oleh perusahaan internet dan digital solution, kembali mengunjungi sekolah setelah melewati pandemi Covid-19.


Kali ini workshop digelar di SMKN 4 Kendal bertajuk Inovasi Teknologi Fiber To The Home dihadiri 140 pelajar kelas 11 & 12 jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TKJT) Senin lalu (16/1).

Kepala Sekolah SMK N 4 Kendal, Suharto, S.Pd, M.Pd mengharapkan, pelajar dapat mendapatkan ilmu banyak dan luas sebagai modal masuk di dunia kerja. 

"Terimakasih untuk teman-teman dari NEXA sudah mau mampir di SMK N 4 Kendal untuk membuat workshop ini. Saya kira workshop ini menjadi ajang pembelajaran yang menarik sehingga para siswa menjadi lebih paham perihal FTTH," kata dia dalam siaran rilisnya, Jumat (20/1). 

Dia melanjutkan, materi-materi yang disampaikan dari NEXA sangat bermanfaat untuk para siswa. 

"Apalagi nanti waktu lulus sekolah, jadi punya pengetahuan yang lebih banyak, dan siap kerja dengan modal yang banyak," tambah Suharto.

Supervisor Marketing Communication NEXA, Ade Frans turut menyampaikan agar pelajar fokus untuk mendengarkan materi-materi yang diberikan oleh team NEXA.

"Saya berharap temen-temen yang hadir disini bisa fokus untuk mendengarkan materinya. Apalagi nanti kita juga ada praktek, jadi gunakan kesempatan ini semaksimal mungkin supaya nanti tidak kaget waktu masuk di dunia kerja," ujar Ade.

Acara dilanjutkan pemaparan materi oleh Fadhil, Rizky, Aldo dan Luthfi yang merukapan team Base Station Support (BSS) NEXA. Dalam pemaparan materi, tim BSS menjelaskan secara detail dari definisi, arsitektur topologi FTTH hingga propagasi cahaya dalam serat optic. 

Tidak hanya pemaparan materi saja, tim BSS mengajak langsung para siswa untuk mengenal alat-alat yang biasa digunakan, seperti Splicer, OTDR, Is-opm dan lain sebagainya. 

Para siswa pun diberi kesempatan untuk praktik langsung dari materi sebelumnya, termasuk  cara menyambungkan serat optic secara baik dan benar menggunakan splicer.