Nikmati Pemandangan Kawah Gunung Lawu di 2020mdpl Highest Cafe Tawangmangu

Suasana 2020mdpl Highest Cafe berlatar belakang kawah Gunung Lawu. RMOL Jateng
Suasana 2020mdpl Highest Cafe berlatar belakang kawah Gunung Lawu. RMOL Jateng

Kafe tertinggi di Cemoro Kandang, Tawangmangu berdiri di ketinggian 2020 meter di atas permukaan laut diklaim tertinggi di Jawa Tengah.


Kafe dikelola oleh The Lawu Group bernama 2020mdpl Highest Cafe berada di area Sakura Hills Tawangmangu. Dari gerbang Sakura Hills, pengunjung bisa langsung naik ke area Supercamp setelah membayar tiket masuk Sakura Hills.

Kafe ini semula sebagai fasilitas untuk tamu menginap di Supercamp Sakura Hills, tamu camping di kawasan tersebut. 

Awal rencana didirikan 2020mdpl Highest Cafe adalah sebagai fasilitas untuk tamu menginap di Supercamp Sakura Hills. Diantaranya tamu camping, tamu sedang menikmati wahana jeep adventure, tamu Campervan, atau pengunjung melaksanakan kegiatan outbound. 

"Namun respon positif dari pengunjung, The Lawu Group memutuskan untuk membuka 2020mdpl Highest Cafe untuk umum," jelas General Manager The Lawu Group, Muhammad Fajri, Minggu (19/11). 

View utama cafe ini adalah kawah Candradimuka Gunung Lawu dikelilingi oleh pemandangan Bukit Mongkrang serta hutan rimba dengan pepohonan khas endemik Gunung Lawu. 

Selain itu, pengunjung juga disuguhkan pemandangan matahari terbenam dengan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan saat sore hari. Selain itu, pemandangan kota Karanganyar dan Solo.

"Kalau cuaca cerah dan tidak ada kabut bisa melihat juga pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu," lanjut Fajri. 

2020mdpl Highest Cafe ini terdiri dari dua lantai, pengunjung bisa berswafoto di spot disediakan. Salah satunya jembatan kaca dengan latar belakang kawah Candramuka Gunung Lawu.

Jembatan kaca di 2020mdpl Highest Café memiliki total panjang 10 meter dan lebar 1,8 meter. Kaca digunakan sama seperti digunakan di Kemuning Sky Hills, dengan spesifikasi 3 lapis laminated interlayer PVB.

"Pengunjung bisa menikmati pemandangan terbaik dari kafe ini sembari menikmati menu khas Nusantara, Jepang, serta Western yang bisa dipilih oleh pengunjung," lanjutnya. 

Untuk menu harga ramah di kantong dibandrol  mulai dari Rp20.000. Tersedia pula berbagai pilihan minuman dengan harga terjangkau, mulai dari Rp8.000.

Pengunjung bisa nenikmati suasana 2020mdpl Highest Cafe buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 09.00-16.00 pada hari Senin-Jumat, pukul 09.00-21.00 pada hari Sabtu, dan pukul 09.00-18.00 pada hari Minggu.

"Dengan kapasitas pengunjung sampai dengan 200an orang, 2020mdpl Highest Cafe juga dapat digunakan untuk lokasi berbagai macam kegiatan dalam ruangan, seperti meeting, gathering, workshop, dan aktivitas dalam ruangan lainnya," pungkasnya.