Partai Nasdem Targetkan Satu Kursi untuk Satu Dapil 

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendaftarkan calon anggota legislatif Kota Semarang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang pada Kamis (11/5).


Ketua Nasdem Kota Semarang, Suryanto menyampaikan, Partai Nasdem mengajukan 50 Bacaleg untuk DPRD Kota Semarang.

"Hari ini Nasdem Kota Semarang mendaftarkan 50 bacaleg, artinya 100 persen kuota yang ada di DPRD Kota Semarang," kata Suryanto usai mendaftarkan Bacaleg di Kantor KPU Kota Semarang, Kamis (11/5).

Pada Pemilu 2024 ini, lanjutnya, Nasdem menargetkan satu dapil mendapatkan satu kursi di DPRD Kota Semarang.

"Kami targetkan disetiap dapil ada satu. Untuk perempuan terpenuhi 30 persen, sesuai dengan aturan KPU yang sudah ditetapkan," jelasnya.

Ia menjelaskan, ada 40 persen bacaleg yang berasal dari kaum milenial. Hal ini sesuai dengan penentuan kepartaian.

"Banyak bakal calon dari melenial, hampir 40 persen, secara utuh memenuhi kepartaian, sampai hampir sekian persen kita verifikasi, sehingga potensi yang ada kita loloskam untuk menjadi bacaleg Nasdem di Kota Semarang," tuturnya.

Suryanto mengatakan, dapil yang memiliki potensi unggulan ada di dapil tiga yakni berada diwilayah dapil ketua Nasdem Kota Semarang.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, telah menerima pendaftaran dari Partai Nasdem dan sudah melakukan pemberkasan pencalonan bacaleg.

"Kami sudah menerima pendaftaran dari Nasdem, dan sudah kita terima, kami juga sudah melakukan pemeriksaan berkas syarat pencalonan dan syarat calon, pemeriksaan lewat silon sudah kita cek semua," tutur Nanda, sapaan akrabnya. 

Nanda mengatakan, Nasdem sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh KPU. "Sudah lengkap, tadi total untuk laki-laki 33, dan perempuan 17 orang, untuk secara global itu sudah 30 persen secara PKPU 10 tahun 2023 sudah sesuai," jelasnya.

Ia mengatakan, tidak ada kendala saat pendaftaran dari Partai Nasdem. Pihaknya akan menyampaikan perubahan untuk dilakukan penyesuaian kepada partai yang bersangkutan jika memang ada perubahan.

"Tidak ada kendala, semua sudah sesuai, KPU melakukan pemeriksaan sesuai dengan payung hukum maka kami sesuaikan dengan aturan PKPU, jika ada perubahan kita lakukan peyesuaian sesuai kententuan dari peraturan yang berlaku," ungkapnya. 

Selain itu, dirinya juga menyampaikan, jika hari ini ada partai lain yang di mengkonfirmasi kedatangannya lewat anggota KPU Kota Semarang.

"Untuk hari ini yang sudah konsultasi ada PDIP jam 15.00, tadi sudah disampikan dari anggota KPU Kota Semarang, sepertinya partai demokrat juga melaksanakan pendaftaran hari ini, kami akan lakukan verifikasi terlebih dahulu kepastian mengenai pendaftarannya," tandasnya.