Pelaku Curas Di Mini Market Bawa Kabur Uang Rp70 Juta

Salah satu minimarket yang buka 24 jam di jalan Solo-Sragen KM 11 Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar disatroni orang tak dikenal pada Kamis tanggal 17 Desember 2020 sekira pukul 03.00 dini hari.


Santunan korban meninggal akibat Covid-19 dari Kementrian Sosial RI masih dibuka hingga kini.

Meski seminggu lalu sempat ditutup sementara, namun sejak Senin (14/12) Dinas Sosial Kota Semarang kembali membuka pendaftaran untuk santunan bagi ahli waris korban Covid-19.

Ini sudah kita buka lagi, ya untuk menjaring dan menampung lagi. Belum tahu sampai kapan akan dibuka,†ujar Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Muthohar Selasa (15/12).

Muthohar mengaku, telah membentuk panitia kecil untuk memberikan pelayanan saat jam kerja. Hal ini bertujuan agar tidak ada penumpukan berkas.

Tak hanya itu, Dinsos, telah melayangkan surat edaran ke kelurahan dan kecamatan agar melakukan sosialisasi kepada warga jika ada anggota keluarga yang meninggal karena Covid-19 agar bisa mendapatkan santunan.

Berkasnya adalah KTP asli ahli waris, akta kematian, surat keterangan lurah, dan camat, serta keterangan dari rumah sakit,†tambahnya.

Dinsos sendiri, belum lama ini juga meluncurkan santunan kematian Covid-19 untuk warga Semarang. Jumlah uang santunan yang diberikan sebesar Rp2 juta.

Disinggung soal jumlah pendaftar yang telah mengajukan persyaratan ke Dinsos, Muthohar mengatakan di Kota Semarang sekitar 319 pendaftar yang datanya sudah masuk ke Dinsos Provinsi Jawa Tengah. Bahkan disinyalir sudah masuk ke Kemensos untuk kemudian bisa dicairkan santunan sebesar Rp15 juta.

Sudah kami setorkan ke provinsi, mungkin juga sudah dibawa ke Kemensos. Disini Pemkot hanya mengusulkan saja, keputusannya ada di pemerintah pusat,†katanya.

Terkait pencairan, Muthohar mengaku sampai saat ini belum ada kejelasan kapan dana santunan tersebut akan cair. Apalagi dinsos kabupaten/ kota hanya memiliki kewenangan untuk mendata, dan menerima pendaftaran dari mereka yang menjadi korban covid.

Belum tahu kapan akan cair, yang jelas berkas dari nama-nama tadi yang diberikan ahli waris sudah kami setor,†pungkasnya.