Pelaku Percobaan Pembunuhan Diperiksakan ke RSJ Magelang

RSJ Prof Dr Soerojo tempat pemeriksaan kejiwaan terduga pelaku percobaan pembunuhan di RS Harapan Kota Magelang.
RSJ Prof Dr Soerojo tempat pemeriksaan kejiwaan terduga pelaku percobaan pembunuhan di RS Harapan Kota Magelang.

Peristiwa percobaan pembunuhan di Rumah Sakit Harapan Kota Magelang hingga Selasa (14/11) ini masih menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas.


Polres Magelang Kota  membawa terduga pelaku J (57), penduduk Pekan Baru, Riau, ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Soerojo Magelang, untuk diperiksa kesehatan jiwanya.

Saat ini, polisi masih menunggu hasil pemeriksaan resmi dari dokter yang memeriksa terduga pelaku. "Sampai hari ini, hasilnya belum keluar. Pelaku masih di sana," kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang.

Terkait kondisi terkini kedua korban, menurut Kapolres Yolanda ES, masih dalam perawatan intensif di rumah sakit. Kndisi dua warga asal Kebumen yang tinggal di Desa Jambewangi, Kecamatan Secang, Kabupate  Magelang, itu sudah lebih baik. 

Korban LL (67), mengalami luka di lengan dan paha. Sedangkan anak angkatnya, EL (46), menderita luka di bagian pelipis, lengan kiri dan punggung.

Menurut Wakapolres Magelang Kota, Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho, berdasarkan pemeriksaan awal, polisi menduga bahwa J mengalami gangguan jiwa.

Indikasi itu terungkap dari keterangan dia yang tidak nyambung dengan pertanyaan penyidik. Dan dugaan ini sesuai keterangan dari anak pelaku yang tinggal di Pekan Baru.

"Informasi sementara (dari) anak pelaku yang ada di Pekan Baru, pelaku pernah menjalani perawatan di rumah sakit jiwa di Pekan Baru. Selanjutnya kita konsultasikan ke rumah sakit jiwa di Magelang," kata 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, terduga pelaku menganiaya 2 korban menggunakan pisau. Dari mana pisau itu berasal, sedang didalami penyidik. Tetapi senjata tajam tersebut sudah diamankan.

Mengenai motif dalam kasus ini, lanjut Budi, juga masih didalami. Dari pemeriksaan awal, petugas mendapat informasi, pelaku bercerita tentang hal-hal gaib. Hal itu memicu keributan antara pelaku dengan korban.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria paroh baya berinisial J (55), diamankan di Mapolres Magelang Kota. Dia diduga telah melakukan percobaan pembunuhan di rumah sakit swasta di Kota Magelang.

Peristiwa Sabtu (11/11) pukul 05.45 WIB itu berawal ketika J membezuk teman lamanya, LL, yang sedang dirawat di rumah sakit itu karena mengalami gangguan pernafasan. 

Namun karena terjadi perang mulut dengan EL, sehingga J pamit. Tetapi esok harinya J datang lagi dengan membawa sebilah pisau dan menganiaya kedua korban.