Pembatas Jalan Pantura di Pasar Batang Dibuka, Dishub Pasang Traffic Light

Proses pembukaan median jalan di Jalur Pantura depan pasar Batang, Kamis (7/3). Bakti Buwono/Dok.RMOLJateng
Proses pembukaan median jalan di Jalur Pantura depan pasar Batang, Kamis (7/3). Bakti Buwono/Dok.RMOLJateng

Dinas Perhubungan Kabupaten Batang bersama Satlantas Polres Batang membuka median jalan  depan Pasar Batang. Sebagai gantinya, Pemkab memasang traffic light di jalur utama Pantura itu.


Langkah ini diambil untuk mengatasi masalah kemacetan dan kecelakaan yang sering terjadi di Jalur Pantura, khususnya di Jalan Sudirman Kota Batang. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Eko Widianto, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi selama empat hari ke depan agar masyarakat menaati aturan lalu lintas.

"Setelah sosialisasi, kami akan melakukan evaluasi. Kami berharap masyarakat dapat mematuhi traffic light dan tidak menerobos pembatas jalan lagi," kata Eko Widianto, Kamis (7/3).

Eko Widianto menambahkan bahwa sebelum membuka median jalan, pihaknya telah melakukan survei dan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk para pedagang di sekitar pasar. 

Ia berharap, dengan adanya traffic light, arus lalu lintas di depan pasar dapat berjalan lebih lancar dan aman.

"Apalagi, sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan dan Lebaran. Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas. Kami juga meminta para pedagang untuk tidak mengganggu arus lalu lintas dengan berjualan di pinggir jalan," ujarnya.

Kasatlantas Polres Batang, AKP Wigiyadi, mengapresiasi inisiatif Dinas Perhubungan Kabupaten Batang dalam membuka median jalan dan memasang traffic light di pasar Batang. 

Ia mengatakan, hal ini akan menciptakan ketertiban dan keselamatan bersama di Jalur Pantura.

"Kami sangat mendukung langkah Dinas Perhubungan dalam hal ini. Kami juga akan melakukan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Kami mengingatkan masyarakat untuk tidak menerobos pembatas jalan, karena itu sangat berbahaya. Ada jalur khusus untuk memutar kendaraan. Mari kita taati aturan lalu lintas demi keselamatan bersama," tegasnya.

Dengan adanya traffic light di pasar Batang, diharapkan masyarakat dapat lebih tertib dan arus lalu lintas dapat lebih lancar. 

Hal ini tentunya akan memberikan manfaat bagi semua pihak, baik pengguna jalan maupun pedagang di pasar Batang.