Pemkot Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak

Gerakan Pangan Murah Nasional serentak di Kota Semarang, Gerakan Pangan Murah Nasional diadakan di Halaman Kantor Kecamatan Semarang Tengah.


Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu mengatakan, gerakan pangan murah serupa sudah diadakan di kota ini sejak tahun 2022 dengan nama Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman (Pak Rahman) diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Kota Semarang.

"Gerakan pangan murah seperti ini sudah dilakukan di Kota Semarang sejak tahun 2022. Saat ini sudah dilaksanakan di 51 titik," kata Ita, sapaan akrabnya, saat mengikuti pembukaan Gerakan Pangan Murah Nasional di Kecamatan Semarang Tengah, Senin (26/6).

Ita mengakui, gerakan pangan murah ini mampu mengintervensi jika terdapat bahan pokok  mengalami kenaikan harga. Untuk saat ini, lanjut Ita, harga bahan pokok tertinggi adalah telur ayam dengan harga pasaran mencapai di atas Rp30 ribu/ kg.

"Di Semarang saat ini telur sedang tinggi, di luar mencapai Rp30 ribu, disini (gerakan pangan murah) dijual Rp27 ribu per kg," bebernya.

Melalui pasar pangan murah ini diharapkan bisa membantu masyarakat Kota Semarang. Selain itu, lanjutnya, juga bisa menurunkan angka inflasi yang saat ini month to month pada angka 0,122 persen, sudah turun dari 0,22 persen.

"Kalau on year masih di 3,88 persen karena dibandingkan dengan tahun lalu. Semoga terus turun dan inflasi bisa terjaga sehingga harga di Kota Semarang tetap bisa stabil," jelasnya.