Pengurus Pegiat Kader Bela Negara Jateng Resmi Dilantik

Ketua umum DPP Pegiat Kader Bela Negara (PKBN) Kol. Purn. H. Ruslan, resmi melantik pengurus PKBN Provinsi Jawa Tengah, periode 2021-2025, di Hotel Tosan Sukoharjo, Minggu (9/1).


PKBM Jateng dipimpin oleh H. Moch. Samrodin, dilantik bersama 60 pengurus lainnya. 

Ketua Umum PKBN, Kolonel Purn Ruslan mengatakan, PKBN merupakan wadah yang menempatkan jiwa raga masyarakat Indonesia untuk melakukan bela negara dengan mengamalkan nilai Pancasila.

Usai dilantik, Ketua PKBM Jateng H. Moch Samrodin, mengatakan pengurus sudah terbentuk di tahun 2021 tapi terkendala pandemi baru dilantik Januari 2022. 

"PKBN siap membantu kementrian pertahanan untuk mensosialisasikan mengaktualisasikan lima nilai bela negara yakni kecintaan tanah air. Kesadaran berbangsa bernegara, Pancasila, rela berkorban untuk bangsa negara dan memiliki kemampuan bela negara," ungkap Samrodin.

PKBM akan proaktif dalam upaya bela negara dan masalah sosial kemasyarakatan. Berkolaborasi dengan pemerintah daerah membentuk kepengurusan di DPD. Sementara ini sudah ada 11 kabupaten kota terbentuk.

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan bersama Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, berharap bisa mendukung upaya bela negara yang selama ini dilakukan TNI Polri.

"Kami mendukung penuh rekan pegiat kader bela negara untuk membantu Kamtibmas, siap bersinergis dengan masyarakat, TNI, Polri," ungkap Dandim Sukoharjo.