Penyintas Masuk Mal Wajib Tunjukkan Hasil Swab Negatif

Pusat perbelanjaan menerapkan sejumlah aturan dalam pemberlakuan PPKM level 4.


Bagi pengunjung dan pekerja harus mengantongi sertifikasi vaksinasi. Adapun, bagi penyintas yang belum divaksin bisa menunjukkan bukti negatif PCR 2x24 jam atau negatif Antigen 1x24 jam. Syarat ini berlaku bagi pengunjung dan pegawai yang ada di dalam mal.

"PCR negatif yg berlaku 2x24 jam atau Antigen negatif 1x24 jam, dan hasilnya harus bisa terverifikasi secara digital (masuk dalam aplikasi PeduliLindungi), ini adalah hasil yg bisa dikeluarkan oleh lab/klinik/instansi yang sudah terkoneksi dengan Kemenkes," kata Public Relation Mal Ciputra, Aisa R. Jusmar, kepada RMOL Jateng, Kamis (12/8).

Achie, sapaan akrabnya, mengatakan, aturan tersebut dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah dan harus diterapkan dna dipatuhi oleh semua mal yang diperbolehkan buka dalam masa PPKM Level 4 ini.

"Semua wajib menunjukkan sudah di vaksin, entah itu karyawan maupun pengunjung. Pengecekan dilakukan di pintu masuk mall, ini semua sudah menjadi ketentuan dari pemerintah, kami hanya pelaksana saja," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung mal, Kartika Putri (34), mengaku kecewa karena tidak bisa masuk mal. Hal ini karena dirinya adalah seorang penyintas yang baru satu bulan dinyatakan negatif Covid-19 dan belum bisa dilakukan vaksinasi.

"Ya agak ngerepotin sih kalau niatnya cuma mau jalan-jalan tapi harus PCR atau Antigen, apalagi kan tes begitu harganya diatas 100 ribu," keluh Kartika.

Meski kecewa karena tidak bisa masuk ke dalam mal, Kartika mau tak mau tetap harus mengikuti aturan dari pemerintah. Dirinya berharap jika PPKM segera berakhir dan bisa kembali bebas keluar masuk mal.

"Moga-moga segera berakhir aja ini PPKM nya, bosen juga dirumah apalagi kemarin sempat isolasi juga karena positif Covid," harapnya.