Persiapan Polisi RW Sambut Kabaharkam di Kota Semarang

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) Polri, Komjen Pol Fadil Imran akan berkunjung ke RT 5/ RW 1 Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur untuk memantau kinerja polisi RW di Kota Semarang.


Kunjungan Kabarhakam Polri ke Sampangan untuk memantau Polisi RW di Kota Semarang ini rencananya akan dilakukan pada Selasa 8 Agustus 2023.

Kabar kedatangan Kabarhakam Polri untuk memantau Polisi RW di Kota Semarang ini disampaikan oleh Dirbinmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono, di Command Center Polrestabes Semarang.

Lafri menyebut, Kabarhakam akan mengunjungi RT 5/ RW 1 Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur karena di situ pernah jadi Kampung Siaga Hebat Candi Polrestabes Semarang.

"Saat tiba nanti ketua RW dan polisi RW menceritakan bagaimana kampungnya bisa sukses menghadapi Covid-19 serta partisipasi warga dalam kantibmas dengan nama OMAH JOGlO (Obrolan Masalah Jogo Gangguan lan Ontran-ontran)," ungkapnya.

Lebih lanjut Lafri menjelaskan, keberadaan polisi RW menjadi jawaban dari kekurangan petugas Bhabinkamtibmas di tingkat desa. Bahkan di Jateng dari 8 ribu desa yang ada hanya ada 4848.

“Hanya kota-kota besar yang jumlah bhabinkamtibmasnya memenuhi wilayah teritori. Nah dengan polisi RW ini maka akan tambah membantu,” imbuhnya.

Kombes Pol Lafri menyebut ada tugas pokok yang diemban oleh Polisi RW yang berasal dari banyak satuan.

Mereka akan menerima keluhan persoalan dan kendala yang dihadapi masyarakat soal layanan kepolisian.

“Melaksanakan interaksi kepada masyarakat ditingkat RW hingga maping potensi kerawanan atau sosialisais Harkamtibmas di Masyarakat. Seperti di Polrestabes ini, asumsinya polisi RW meningkatkan pelayanan Polri agar memudahkan masyarakat,” timpalnya.

Dari Polrestabes Semarang sendiri saat ini Polisi RW sudah disinergikan dengan Aplikasi Libas baik dengan fitur Kenita dan yang paling baru adalah RT SMART.

Fitur baru RT SMART dari Polrestabes Semarang ini adalah kepanjangan dari "Semarang Semakin Aman, Rukun dan Tentram".

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar saat ditemui di Mapolrestabes atau di kantor Command Center menyampaikan RT SMART ini adalah bagian dari pengembangan polisi RW yang merupakan program Mabes Polri. 

"Kami ingin bangun RT yang Smart mengandalkan kecanggihan tehnologi saat ini yang kita punya yakni Aplikasi Libas,” ucapnya.

Irwan menambahkan petugas Polisi RW Polrestabes Semarang akan diminta membentuk RT Smart disetiap wilayahnya. 

Tujuannya yakni agar setiap rumah memahami dan mampu mengoprasionalkan Aplikasi Libas yang di dalamnya banyak fitur penting untuk membantu masyarakat.

“Kita bangun RT Smart di 10 ribuan rRT se Kota Semarang dengan melibatkan satu polisi RW untuk membentuknya. Ada indikatornya, yakni semua rumah di RT itu sudah mengerti dan memahami manfaat kentongan digital dan semua jalan dan gang di wilayah rukun tetangga ini sudah terkoneksi cctv,” terangnya.