PKB Siap Berkoalisi Dengan Parpol Lain Untuk Pilkada Karanganyar 

Ketua PKB Karanganyar Sulaiman Rosid. Dokumentasi Dian Tanti Burhani/RMOLJateng
Ketua PKB Karanganyar Sulaiman Rosid. Dokumentasi Dian Tanti Burhani/RMOLJateng

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap berkoalisi dengan partai politik di untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Meski pun dalam Pilkada serentak nanti, PKB tetap menyiapkan kader terbaiknya untuk calon wakil bupati. 


Dalam Pileg 2019 dan juga yang terkini di 2024, PKB Karanganyar masih bertahan di 5 kursi di DPRD Karanganyar. Sehingga parpol ini tetap harus berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mengusung pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup).


"Tentu kami tetap membuka ruang koalisi bersama parpol lain agar sekali lagi calon terbaik yang mendapat kesempatan maju di Pilkada," jelas Ketua PKB Karanganyar Sulaiman Rosid, Senin (18/03). 

Komunikasi dengan partai politik di Karanganyar sudah dilakukan PKB sejak dulu. Meski hanya sebatas komunikasi non formal.

"Sesuai arahan DPP dan DPW, PKB di Karanganyar harus mewarnai kontestasi Pilkada. Minimal mengusung cawabup," lanjut Sulaiman Rosid. 

Ditambahkan anggota DPRD ini terkait siapa kader yang nantinya akan diusung menunggu keputusan dari DPP PKB. Namun, figur dari internal PKB sendiri mengerucut nama Tony Hatmoko yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Karanganyar. 

"Alasan memilih Tony Hatmoko sebagai Cawabup yang akan diusung dikarenakan Tony adalah kader PKB Karanganyar yang paling senior. Dan Tony sudah beberapa kali menduduki kursi legislatif," bebernya. 

Terpisah, Ketua Bapilu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Karanganyar, Tony Hatmoko, menyerahkan sepenuhnya pencalonan pada DPP PKB. Sebab kewenangan itu mutlak berada di DPP. 

"Hasil Pileg ini sudah pasti menjadi acuan untuk Pilkada. Koalisi itu pusat yang menentukan, namun kami di daerah pastinya akan memilih kader terbaiknya untuk maju dalam Pilkada," pungkas Tony.