Polres Salatiga Kerahkan 50 Personil dalam Operasi Patuh Candi 2023

Polres Salatiga akan mengerahkan sedikitnya 50 Personil dalam melaksanakan Operasi Patuh Candi 2023.


Seluruh personil yang terlibat ini selanjutnya akan bertugas dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dengan didukung penegakan hukum lalu lintas dengan menggunakan ETLE (Elektronic Traffic Law Enforcement) baik statis, mobile dan hand held.

Hal ini disampaikan Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K., usai memimpin Apel Gelar Pasukan di Mapolres Salatiga, Senin (10/7).

Kegiatan ini diikuti seluruh anggota di lingkungan dan jajaran Polres Salatiga. Serta, dihadiri pula jajaran Forkopimda Kota Salatiga, TNI, Polri, Satpol PP dan  Dinas Perhubungan serta kendaraan dinas Polri guna mendukung pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023.

Diungkapkan Kapolres, Operasi Patuh Candi 2023 digelar serentak secara nasional selama s 14 hari mulai tanggal 10 s/d 23 Juli 2023.

Operasi Patuh Candi 2023 dengan tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa" ini bertujuan menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas.

Sesuai amanat Kapolda Jateng,Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K juga menandaskan jika permasalahan dibidang lalu lintas telah berkembang cepat dan dinamis sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah populasi penduduk dan jumlah kendaraan bermotor sebagai sarana mobilitas.

Untuk itu, lanjut dia, perlu inovasi dan kinerja Polri khususnya Polisi Lalu Lintas agar mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi perkembangan transportasi.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian dalam Operasi Patuh Candi  2023 ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, keselamatan harus menjadi yang pertama dan utama dalam etika berlalu lintas yang merupakan cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

"Adapun penekanan dalam Operasi Patuh Candi 2023 adalah agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan, hindari tindakan yang kontraproduktif (pungli, arogan dan sewenang-wenang), penegakan hukum yang humanis, tegas dan menjunjung tinggi HAM sehingga pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023 dapat berjalan dengan baik tanpa komplain dari masyarakat, serta landasi tugas dengan niat ibadah, awali dengan setiap kegiatan dengan doa agar hasilnya sesuai harapan masyarakat," ulasnya.