Polres Sukoharjo Gelar Apel Ketua Satkamling Guna Persiapan Hadapi Pemilu 2024

Polres Sukoharjo menggelar apel ketua satuan keamanan lingkungan (Satkamling) menghadapi tahapan Pemilu 2024, di halaman Setda Pemkab Sukoharjo, Rabu (21/6).


“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa," kata Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. 

Bupati melanjutkan, situasi Kamtibmas kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur Bangsa Indonesia.

"Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling," ujar Bupati.

Selain itu, Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. 

"Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama," harap Bupati Etik.

Bupati menyampaikan, diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi satkamling. Pengaktifkan serta memberdayakan kembali serta membentuk Satkamling baru di lingkungan masing-masing.

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, mengatakan, Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para awak Satkamling melalui pelatihan. Diantaranya penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat. 

"Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.