Polres Wonogiri Siagakan 250 Personil Amankan Kelulusan SMA

Polres Wonogiri siagakan ratusan personel untuk mengamankan pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA pada Senin (6/5). Humas Polres Wonogiri
Polres Wonogiri siagakan ratusan personel untuk mengamankan pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA pada Senin (6/5). Humas Polres Wonogiri

Polres Wonogiri siagakan ratusan personel untuk mengamankan pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA pada Senin (6/5).


"Polisi melakukan pengamanan juga untuk melakukan pantauan adanya pelanggaran lalu lintas. Akan kita tindak tegas jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku konvoi," kata Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo.

Ia mengatakan penindakan tidak hanya dilakukan di lokasi razia kendaraan, tetapi juga pantauan kasat mata seperti kelengkapan kendaraan dan standar keamanan kendaraan. 

Untuk itu, pihaknya berharap orang tua melakukan pengawasan terhadap anaknya. "Kalau ada knalpot brong/tidak sesuai spesifikasi tehnik, tidak menggunakan helm, serta motor protolan akan kami hentikan. Kemudian akan kami periksa surat-suratnya," katanya.

AKP Anom mengatakan, kepolisian akan melakukan tindakan penilangan terhadap para pelanggar lalu lintas. Bahkan pihaknya juga bisa saja melakukan penyitaan kendaraan jika tidak dilengkapi surat kelengkapan kendaraan.

Selain itu, pihak kepolisian juga melakukan antisipasi masuknya pelajar dari luar daerah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya gesekan antar massa yang melakukan konvoi.

"Kami akan maksimalkan Polsek-Polsek yang ada terutama di wilayah perbatasan untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan pada pengumuman kelulusan ini. Kami juga berkoodinasi dengan pihak sekolah untuk mengingatkan kepada para pelajar untuk merayakan kelulusan dengan cara yang baik tanpa mengganggu ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

“Jangan sampai dari kumpul – kumpul di tempat nongkrong timbul ide negatif yang berakibat gangguan kamtibmas. Jajaran telah kita siapkan untuk mengawasi dan patroli pada pengumuman kelulusan nanti. Kami juga mengimbau kepada orangtua agar tetap mengawasi putra putrinya pada saat pengumuman kelulusan nanti,” imbau Anom.