Polresta Magelang Musnahkan Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan

Kapolresta, Pj Bupati, Dandim 0705 Dan Kajari Magelang Mengawal Pemusnahan Miras Dan Knalpot Brong, Kamis (04/04). Tri Budi H/RMOLJateng
Kapolresta, Pj Bupati, Dandim 0705 Dan Kajari Magelang Mengawal Pemusnahan Miras Dan Knalpot Brong, Kamis (04/04). Tri Budi H/RMOLJateng

Polresta Magelang memusnahkan 3.000-an botol minuman keras (miras) berbagai merk, sebagai barang bukti hasil Operasi Pekat, demi menjaga kondusivitas Ramadan dan Idul Fitri 1445 H/2024 M, Kamis (04/04). 


Pemusnahan dilaksanakan di halaman belakang Mapolresta, menggunakan alat berat, usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di halaman depan Mapolresta. Gelar pasukan dipimpin Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto.

"Paling banyak dari hasil razia di wilayah Muntilan. Tetapi semuanya sudah diproses tipiring (tindakan pidana ringan)," kata Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa, Kamis (04/04).

Menurut Mustofa, miras menjadi salah satu pemicu terjadinga tawuran antar-remaja dalam beberapa bulan terakhir.

Melalui Operasi Pekat pula, pihaknya berhasil mengamankan 18.3 kilogram obat mercon ditambah sekitar 300 biji petasan yang siap diledakkan.

"Petasan ukuran kecil dijual Rp25 ribu, (ukuran sedang) Rp75 ribu, dan (ukuran) yang besar Rp225 ribu," ujarnya.

Sasaran lain Operasi Pekat adalah balapan liar yang sering terjadi di Borobudur, Mertoyudan, Palbapang (Mungkid), dan Muntilan. Termasuk kendaraan yang dilengkapi knalpot brong.

"Alhamdulillah selama 20 hari tidak ada balapan liar dan umat muslim bisa melakukan ibadah puasa ramadhan dengan aman," kata Mustofa. 

Dilakukan pula pemusnahan sekitar ratusan knalpot brong. Selain dihancurkan dengan gergaji juga dilindas dengan alat berat.

Pemusnahan barang bukti miras juga dilaksanakan Polres Magelang Kota. Yang dimusnahkan sebanyak 434 botol miras hasil Operasi Pekat 2024.

Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina, menjelaskan, pemusnahan barang bukti dilakukan setelah diperoleh kekuatan hukum tetap. Upaya pihak kepolisian Magelang ini merupakan bagian dari menjaga kondusivitas.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Magelang Kota dalam menindak penyakit masyarakat yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," ujar Herlina.