Pos Terpadu Gandulan di Pemalang Buka Layanan Kesehatan untuk Para Pemudik

Istimewa
Istimewa

Pos Terpadu Gandulan di Kabupaten Pemalang tidak hanya untuk tempat istirahat bagi para pemudik. Pihak Polres Pemalang juga membuka layanan kesehatan.


Selama 24 jam penuh  petugas kesehatan setia melayani, memeriksa tekanan darah, dan memberikan obat gratis bagi mereka yang merasa tidak enak badan atau kelelahan akibat perjalanan panjang.

AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya, Kapolres Pemalang, menegaskan bahwa inisiatif ini merupakan hasil kerjasama antara tim Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian (Dokkes) dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. 

"Kami ingin memastikan bahwa para pemudik dapat melanjutkan perjalanan mereka dalam kondisi prima," ujar AKBP Yovan, Jumat (5/4).

Tidak hanya di Gandulan, layanan serupa juga tersedia di berbagai pos pelayanan dan pengamanan yang tersebar di seluruh kabupaten. Prioritas pemeriksaan diberikan kepada pengemudi, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum, yang merasa lelah atau sakit.

Salah satu pemudik, Iwan dari Cilegon, berbagi pengalamannya. "Setelah turun dari bus, saya memutuskan untuk beristirahat di Pos Terpadu Gandulan karena merasa sangat ngantuk," tutur Iwan. 

Setelah diperiksa oleh petugas medis dan dinyatakan tensinya normal, Iwan disarankan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Purbalingga.

Layanan kesehatan gratis ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menjamin keselamatan dan kesehatan para pemudik, agar tradisi mudik yang menjadi bagian dari kebudayaan bangsa dapat berlangsung dengan lancar dan aman.