Presiden: Alih Fungsi Lahan dan Pembalakan Liar Penyebab Banjir Bandang

Presiden Joko Widodo berdiskusi di pos pengungsian saat melakukan lawatan ke Kabupaten Demak, Jumat (22/3). Nungki/RMOLJateng
Presiden Joko Widodo berdiskusi di pos pengungsian saat melakukan lawatan ke Kabupaten Demak, Jumat (22/3). Nungki/RMOLJateng

Presiden Joko Widodo menyebut, pembalakan liar dan alih fungsi lahan menjadi penyebab terjadinya banjir bandang. Hal itu diungkapnya saat melawat ke Kabupaten Demak, Jumat (22/3).

"Semua sungai, semua waduk itu problemnya sedimentasi, kenapa itu terjadi, karena jika tidak dihambat di hulunya tanaman-tanaman banyak di tebang, problemnya ya disitu kalau gak terjadi banjir bandang ya banjir," ucap Presiden pada RMOLJateng di tengah kunjungan di SMK Ganesha.

Lebih lanjut, Presiden menuturkan pembalakan alih fungsi lahan yang menyebabkan banjir  ini tidak hanya di Indonesia.

"Upaya penanganan jangka panjang. Saya kira Pemda harus bersinergi dalam penanaman kembali, penghutanan kembali pengalihan lahan itu harus di stop," tegasnya.

Sementara untuk rumah dan bangunan rusak akibat banjir, Ia pun meminta Kementrian PUPR agar segera melakukan cek di lapangan bersama dengan BNPB termasuk yang tanamanya rusak akan diberi bibit lagi dari Kementrian Pertanian.