Progress Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen, Jasa Marga Prioritaskan Konstruksi Ambarawa-Bawen

Konstruksi di Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 Km Tol Yogyakarta-Bawen.
Konstruksi di Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 Km Tol Yogyakarta-Bawen.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat memprioritaskan pembangunan konstruksi di Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 Km Tol Yogyakarta-Bawen.


Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan menjelaskan, Jasa Marga akan fokus menyelesaikan proses konstruksi dan mengoperasikan secara bertahap.

"Untuk proyek jalan tol yang saat ini dalam tahap konstruksi maupun pembebasan lahan ada di beberapa titik termasuk di Tol Yogyakarta-Bawen," kata Agus Setiawan, Rabu (6/9).

Ia menjelaskan, progress proses konstruksi dan mengoperasikan secara bertahap khusus pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen ada di Seksi 1 JC Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo sepanjang 8,8 Km dan Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 Km.

Sedangkan untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, khususnya Paket 3 (Sadang-Sukabungah) sepanjang 31,3 km, ditargetkan dapat beroperasi fungsional di akhir tahun ini yang akan terhubung dengan Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Hingga awal September 2023, progres pembebasan lahan untuk Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan telah mencapai 94,49% dengan progres konstruksi mencapai 90,13%," ungkap dia.

Sementara itu, sebagai upaya mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, di tahun 2023 ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis perusahaan.

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano dalam pemaparannya menjelaskan, pada partisipasinya di AIPF 2023 kali ini, Jasa Marga menyambut baik peluang kerja sama Perusahaan dengan skema strategic partnership melalui empat ruas jalan tol Jasa Marga Group yang menjadi milestone selanjutnya untuk program asset recycling.

"Empat jalan tol tersebut terdiri dari dua jalan tol beroperasi yaitu Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 Km dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,27 Km serta dua proyek jalan tol yang saat ini masih dalam proses konstruksi dan pembebasan lahan, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 62 Km dan Jalan Tol Yogyakarta +Bawen sepanjang 76 Km," ujar Reza.