Prudential Berkomitmen Wujudkan Peningkatan Literasi Keuangan Perempuan Indonesia

Prudential Indonesia menggelar literasi keuangandi beberapa kota mendorong perempuan cerdas finansial. Dok
Prudential Indonesia menggelar literasi keuangandi beberapa kota mendorong perempuan cerdas finansial. Dok

Prudential Indonesia berkomitmen membantu mewujudkan peningkatan literasi keuangan perempuan Indonesia agar cerdas dan berdaya secara finansial.


Presiden Direktur Prudential Indonesia, Michellina Laksmi Triwardhany mengatakan, pentingnya peran perempuan memiliki peran besar sebagai penggerak ekonomi nasional.

“Perempuan merupakan kelompok kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sedangkan, inklusi keuangan menjadi penting untuk mendukung perempuan Indonesia semakin berdaya, hingga pada akhirnya bisa merdeka secara finansial dan keluarga ikut sejahtera,” ungkap Michellina, dalam siaran rilisnya, Jumat (8/12).

Dia mengatakan, berdasarkan survei OJK tahun 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan perempuan mengalami peningkatan, yaitu dari 36,13% tahun 2019 menjadi 50,33% tahun 2023.

Melalui program Literasi Keuangan bagi Perempuan, kata dia, turut bangga dapat turut berkontribusi secara konkrit dan berkelanjutan, hingga mampu menjangkau hingga 17,6 juta perempuan di berbagai wilayah di Indonesia selama empat tahun terakhir.

Hal ini agar mampu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan bagi diri mereka dan keluarga serta tangguh menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi, termasuk dalam menghadapi resesi.

“Ini sejalan dengan komitmen kami sebagai mitra bagi setiap kehidupan dan pelindung bagi setiap masa depan,” kata dia.

Selama 2023, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah telah sukses menyelenggarakan sejumlah kegiatan edukasi keuangan di empat kota, yaitu di Sumenep (Madura), Pati, Lombok Utara, dan Halmahera Barat, berlangsung secara tatap muka, virtual maupun hybrid melalui platform Zoom dan YouTube, dengan total partisipasi sebanyak 4.528 peserta.

Program ini juga menjadi bagian dari komitmen Prudential Indonesia dan Prudential Syariah dalam menjangkau wilayah-wilayah 3T (daerah tertinggal, terdepan, dan terluar) masih perlu mendapatkan perhatian lebih, termasuk dalam sisi literasi keuangan.

Program tersebut juga menggandeng sejumlah ahli perencana keuangan membantu peserta melakukan evaluasi keuangan, memberikan konsep dasar perencanaan keuangan, simulasi praktik  efektif untuk diri sendiri maupun keluarga di rumah. Langkah ini untuk persiapan masa pensiun, hingga pentingnya memiliki perlindungan jiwa menyeluruh bagi keluarga tercinta.