Puluhan SD Dan SMP Di Kudus Belajar Sistem Daring Akibat Sekolahnya Kebanjiran

SD Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu Kudus Terpaksa Melakukan Pembelajaran Daring Karena Kebanjiran. Dokumentasi Disdikpora Kudus
SD Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu Kudus Terpaksa Melakukan Pembelajaran Daring Karena Kebanjiran. Dokumentasi Disdikpora Kudus

KUDUS - Bencana banjir yang terjadi sejak tiga hari hingga kini ternyata tidak hanya menggenangi ribuan rumah warga di empat kecamatan di Kabupaten Kudus. Banjir juga merendam puluhan gedung sekolah di kabupaten setempat.  

Data yang diterima dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, tercatat sebanyak 27 sekolah terdampak banjir. Kondisi ini mengakibatkan para siswanya dan guru tidak bisa masuk kelas. Mereka terpaksa menjalani aktivitas belajar dan mengajar secara daring.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus, Harjuna Widada, mengatakan bahwa terdapat puluhan sekolah yang terdampak banjir pada tahun 2024 ini. Jauh lebih parah jika dibandingkan tahun sebelumnya atau tahun 2023 lalu.

“Lebih parah tahun 2024 ini. Karena pada tahun 2023 lalu, data yang masuk banyak sekolah tergenang banjir namun hanya di halaman sekolah saja. Banjir tahun ini banjir sudah masuk ke ruang kelas,” ujar Harjuna, Jumat (15/03).

Harjuna menyebut sebanyak 27 sekolah yang kebanjiran yakni 3 SMP dan 24 SD. SMP yang terdampak banjir yang pembelajarannya melalui daring adalah SMP Negeri 2 Jati, SMP Negeri 2 Undaan dan SMP Negeri 2 Mejobo.

Sedangkan 21 SD yang terdampak banjir, kata Harjuna, meliputi SD Negeri 1 Setrokalangan, SD Negeri 2 Setrokalangan, SD Negeri 1 Banget, SD Negeri 3 Jati Wetan, SD Negeri 3 Pasuruhan Lor, SD Negeri 2 Ngembal Kulon, SD Negeri 2 Tanjungkarang, dan SD Negeri 1 Tanjungkarang.

Kemudian SD Negeri 4 Ngembal Kulon, SD Negeri 1 Jati Wetan, SD Negeri 4 Jati Wetan, SD Negeri 1 Undaan Tengah, SD Negeri 2 Undaan Lor, SD Negeri 4 Karangrowo, SD Negeri 5 Karangrowo, SD Negeri 1 Ngemplak, SD Negeri 2 Karangrowo.

Banjir juga merendam bangunan SD Negeri 2 Jojo, SD Negeri 3 Jojo, SD Negeri 2 Kesambi, SD Negeri 4 Payaman, SD Negeri Golantepus, SD Negeri 2 Mejobo, dan SD Negeri 1 Jojo.