Ratu Elizabeth Anugerahkan Penghargaan Tertinggi Kepada Para Nakes

Ratu Elizabeth II memberikan apresiasinya atas jasa para nakes, termasuk mereka yang berjuang selama pandemi.


Ratu menganugerahkan George Cross kepada National Health Service (NHS) Inggris, yang merupakan penghargaan keberanian sipil tertinggi, sebagai pengakuan atas 73 tahun pengabdiannya, termasuk selama pandemi Covid-19, dilansir dari Kantor Berita RMOL.

Sebelumnya, tanda kehormatan tersebut hanya diberikan secara kolektif sebanyak dua kali, dan hanya sekali oleh ratu.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan penghargaan itu adalah simbol rasa terima kasih bangsa.

"Staf NHS telah merawat kami dan teman serta keluarga kami di garis depan pandemi selama lebih dari setahun, dan saya telah menyaksikan keberanian mereka secara langsung," kata Johnson, yang dirawat oleh NHS dalam perawatan intensif dengan Covid-19, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/7).

"Saya tahu seluruh Inggris mendukung saya dalam memberikan penghormatan dan berterima kasih atas semua yang telah dilakukan NHS untuk kami, tidak hanya pada tahun lalu, tetapi sejak awal," katanya.

NHS didirikan pada tahun 1948 sebagai pusat reformasi sosial setelah Perang Dunia Kedua, dengan misi untuk menyediakan perawatan kesehatan universal komprehensif yang didanai negara.

Kepala Eksekutif NHS Simon Stevens mengatakan penghargaan itu mengakui keterampilan, kasih sayang, dan ketabahan staf di seluruh layanan dalam menanggapi pandemi terburuk dalam satu abad.

"Dari masa-masa kelam itu, muncullah yang terbaik dari apa artinya menjadi penjaga dan profesional kesehatan," katanya.

"Dalam menghadapi kesulitan, kami telah melihat kerja tim yang luar biasa, tidak hanya di seluruh NHS tetapi melibatkan ratusan ribu sukarelawan, jutaan penjaga, pekerja kunci, dan masyarakat Inggris yang telah memainkan peran yang sangat diperlukan dalam membantu layanan kesehatan untuk menjaga ratusan ribu pasien yang sakit parah dengan virus corona," ungkapnya.

George Cross pertama kali diberikan secara kolektif kepada orang-orang Malta pada tahun 1942 oleh ayah Ratu Elizabeth, Raja George VI, dan kepada Royal Ulster Constabulary oleh ratu pada tahun 1999.