Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Akhirnya Rampung, KPU Batang : Selanjutnya Kabupaten

KPU Kabupaten Batang telah menyelesaikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilu 2024. 


Proses ini melibatkan 15 kecamatan di kabupaten tersebut. 

Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo menyatakan, proses rekapitulasi berjalan sesuai dengan aturan berlaku.

"Kami mengawasi setiap langkah penghitungan suara yang dilakukan oleh TPS, PPS, dan PPK. Kami memastikan tidak ada perbedaan antara hasil yang dibacakan oleh TPS dengan hasil yang dibacakan oleh PPS dan PPK. Kami juga memastikan bahwa semua hasil telah ditandatangani oleh saksi dan PPK," ujar Waluyo, Minggu (25/2).

Waluyo menjelaskan, Kecamatan Batang merupakan kecamatan terakhir menyelesaikan proses rekapitulasi. 

Hal ini disebabkan oleh jumlah desa dan kelurahan paling banyak di kabupaten tersebut, yaitu 21. Selain itu, jumlah TPS di kecamatan Batang juga mencapai 399.

"Meskipun demikian, proses rekapitulasi di kecamatan Batang tidak mengalami kendala yang berarti. Kami hanya menemukan beberapa kesalahan penempatan antara laki-laki dan perempuan di DPT, tetapi itu tidak mempengaruhi hasil akhir," tutur Waluyo.

Setelah proses rekapitulasi di tingkat PPK selesai, KPU Kabupaten Batang akan melanjutkan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten pada tanggal 28 dan 29 Februari 2024. 

Rapat pleno terbuka akan digelar untuk menetapkan hasil penghitungan suara untuk pilpres dan pileg.

Waluyo menegaskan, hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten akan segera dikirimkan ke KPU Provinsi dan kemudian ke KPU Pusat. Ia berharap, tidak ada persoalan mengganggu proses rekapitulasi di tingkat lebih tinggi.

"Kami akan fokus pada rekapitulasi ini sampai selesai. Kami berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam penyelenggaraan pemilu 2024," pungkasnya.