RSUP Dr Kariadi Semarang Siapkan Ruangan Khusus Bagi Caleg Depresi


Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi calon legislatif (caleg) yang gagal dalam pemilihan umum.

Humas RSUP Dr Kariadi Semarang Anggita Putri mengatakan, RSUP telah menyiapkan langkah antisipasi untuk para calon legislatif yang gagal pemilu.

Menurut Anggi, sapaan akrab Anggota, Rumah Sakit menyediakan ruangan khusus untuk calon anggota legislatif (caleg) stres atau depresi akibat gagal dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Tak hanya menyediakan ruangan, kami juga menyiapkan lima dokter spesialis, seperti psikolog dan psikiater untuk membantu dalam pengobatan" kata Anggi kepada wartawan.

Berdasarkan data daftar calon tetap (DCT) pada pemilihan legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, total ada 1.473 caleg yang bakal bertarung merebutkan 120 kursi di Gedung Berlian DPRD Jateng. Rinciannya sebanyak 909 caleg laki-laki dan 564 caleg perempuan.

Dia menjelaskan,  pihak rumah sakit sudah menyiapkan (ruangan bagi caleg depresi).

"Ada ruangan khusus pasien depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya yang kami siapkan sesuai standar Internasional, selain itu juga kami ada 12 tempat tidur yang disiapkan bagi caleg yang mengalami depresi. Belasan kamar tidur itu sudah dilengkapi dengan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien," ujar Anggita, Kamis (30/11).

Ia menambahkan, ada tiga kamar rawatan di mana masing-masing kamar memiliki empat tempat tidur yang juga dilengkapi dua ruangan untuk pasien gaduh gelisah.

 Adapun fasilitas taman untuk ajang bersosialisasi bersama pasien hingga ruang terapi aktivitas pasien. Jadi kami pastikan tetap terjaga mutu dan keselamatan pasien.

"Terkait penanganan, tergantung kondisi kejiwaan masing-masing pasien. Bila terlalu parah, maka akan dilakukan rawat inap dengan pendampingan secara khusus oleh dokter spesialis, seperti psikolog dan psikiater. Penanganan menyesuaikan kondisi kejiwaan masing-masing caleg," imbuhnya.