Rutan Purwodadi Akan Beralih Fungsi Menjadi Lapas

Tahun 2022 mendatang Rutan Kelas II B Purwodadi beralih fungsi menjadi lapas. Hal itu diungkapkan Kepala Lapas Kelas II B Purwodadi Soebiyakto saat gelar jumpa pers di Lapas Purwodadi, Selasa (14/12).


Saat ini beberapa kekosongan jabatan di lapas (LP) mulai dilakukan pengisian pelaksana tugas (Plt). Rencananya, untuk petugas yang sebelumnya hanya berjumlah 4 orang akan ditambah hingga 12 orang. 

Dijelaskannya, di Jawa Tengah ada 3 rutan yang akan diubah menjadi lapas, antara lain Rutan Kelas II B Purwodadi, Rutan Kelas II B Batang, dan Rutan Kelas II B Wonogiri.

"Ada perbedaan yang mendasar antara rutan dan lapas, yakni memberikan pembinaan terhadap para Nara Pidana (Napi) agar nantinya dapat bermanfaat bagi orang lain, sehingga diterima masyarakat," ujar Ka Lapas Soebiyakto. 

Di lapas Kelas II B Purwodadi yang memiliki kapasitas 120 nara pidana, para napi juga dilatih berbagai keterampilan, termasuk ilmu pertukangan, pengelasan, serta berbagai ketrampilan lainnya.

"Dengan pembinaan serta keterampilan yang diberikan dapat memberikan kontribusi bagi negara serta berguna bagi napi usai keluar dari sini," pungkasnya.