S1 Manajemen FEB UKSW Siap Pertahankan Akreditasi Unggul Menuju Standar Internasional

Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Hari Sunarto, SE., MBA., Ph.D., berharap Prodi S1 Manajemen mendapat akreditasi tertinggi dari proses reakreditasi yang dilaksanakan.


"Dengan tangan terbuka, kami menyambut acara asesmen lapangan reakreditasi yang dilakukan tim asesor," kata Hari Sunarto, saat menghadiri Asesmen Lapangan Reakreditasi, diselenggarakan Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Selasa (4/4).

Dilakukan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), Asesmen Lapangan Reakreditasi dihadiri asesor asesmen lapangan reakreditasi yaitu Prof. Dr. Wilson Bangun, S.E., M.Si., dan Lina Salim, S.E., MBA, MA, Ph.D.

Bertugas menjadi salah satu tim asesor asesmen lapangan reakreditasi, Wilson mengungkapkan rasa bahagianya dapat ditugaskan di kampus Indonesia Mini yang sudah ia kenal sejak sekitar tahun 1980.

"UKSW adalah universitas yang terkenal sejak dahulu hingga saat ini. Harapan kita bersama, prodi ini mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang akan kita kerjakan hari ini dan besok," tandas asesor yang berasal dari Universitas Kristen Maranatha ini.

Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Manajemen Imanuel Madea Sakti, S.E., M.Sc. mengatakan, persiapan secara matang telah dilakukan menuju reakreditasi. Mulai dari tim dibentuk, dokumen-dokumen diperlukan, hingga prasarana dimiliki Prodi S1 Manajemen.

Ia menyebutkan, keunggulan Prodi S1 Manajemen antara lain International Class of Management and Accounting Program (ICMAP). 

"ICMAP merupakan komitmen kami menuju internasionalisasi selain student exchange, dan international conference yang juga menjadi program S1 Manajemen," jelasnya.

Keunikan lainnya, aku dia, yaitu konsentrasi variatif yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Perkantoran, dan Kewirausahaan.

Dia menerangkan, komitmen S1 Manajemen maju ke arah internasional sudah dijalankan dan terus ditingkatkan. 

"Tidak hanya segi pengajaran namun juga penelitian, publikasi dosen internasional, keterlibatan mahasiswa internasional, dan juga program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) akan terus ditingkatkan," terangnya. 

S1 Manajemen juga terus mendukung dan mendorong dosen dan mahasiswanya dalam kegiatan program kreativitas mahasiswa (PKM) mengarah pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pembelajaran di ruang kelas untuk membantu UMKM masyarakat. 

"Mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga praktek secara langsung menjadi solusi bagi masyarakat sebagai creative minority," tegasnya. 

Saat ini, prodi S1 Manajemen telah mendapat akreditasi unggul dan menjadi anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) bermarkas di Amerika Serikat. 

"Harapannya, selain mempertahankan akreditasi unggul, S1 Manajemen akan mendapat akreditasi dari AACSB menyusul prodi S2 Manajemen yang telah mendapat akreditasi dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21)," imbuhnya. 

Sementara, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak.,  mengapresiasi seluruh tim telah menyiapkan siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan (PPEPP) standar pendidikan tinggi yang lengkap.

Dia menyatarakan, UKSW telah berkomitmen memfasilitasi Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dengan mengembangkan prodi berkelas internasional dan menjadi percontohan bagi fakultas lainnya. 

"Saat ini UKSW juga sedang mencanangkan untuk masuk QS Star Rating," terang Rektor perempuan pertama UKSW ini.