Sarana Edukasi Pemilu, Kirab Pemilu 2024 Tiba di Salatiga Diwarnai Konvoi Parpol

Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kota Salatiga diwarnai konvoi Parpol mengendarai kendaraan pribadi yang didesain khusus, Sabtu (28/10). RMOL Jateng
Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kota Salatiga diwarnai konvoi Parpol mengendarai kendaraan pribadi yang didesain khusus, Sabtu (28/10). RMOL Jateng

Setelah melalui 40 kabupaten/ kota akhirnya kirab Pemilu 2024 sampai di Kota Salatiga.


Kirab ini sekaligus sarana edukasi bahwa setiap orang yang telah memenuhi syarat sesuai usianya bisa memanfaatkan hak pilihnya.

"Satu detik di bilik suara akan menentukan jalannya lima tahun perjalanan Indonesia. Pergunakan ini dengan bijak, pergunakan ini dengan semestinya," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi, usai serah terima Kirab Pemilu 2024 di Pemkot Salatiga, Sabtu (28/10).

Kegiatan bertepatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diikuti pula seluruh perwakilan parpol dan disaksikan seluruh Forkopimda se-Salatiga.

Kehadiran Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Boyolali disambut tarian khas Salatiga dibawakan tujuh perempuan dengan pakaian Salatiga.

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Salatiga juga diawarnai konvoi parpol dengan mendesain khusus kendaraan pribadi hingga mobil boks. Konvoi dibatasi untuk satu parpol satu hingga dua kendaraan pribadi saja berkeliling Kota Salatiga. 

"Kirab Pemilu ini nertujuan agar masyarakat mengetahui, memahami, mengenal, mengerti partai politik (parpol) peserta Pemilu dan hari pelaksanaan pemungutan suara rabu 14 Februari 2024, kegiatan Kirab Pemilu ini digelar," ujar Joko Badrun

Mengusung tema "Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa" kegiatan ini juga diisi sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula di sekolah SMA/SMK dan perguruan tinggi, pemilih disabilitas dan kelompok perempuan selama tujuh hari kedepan.

Ketua KPU Salatiga Syaemuri menambahkan, bagian dari proses perebutan kekuasaanlegal jadi Pemilu ini ada kontestasi akan dilakukan oleh peserta pemilu di setiap jenjang.

"Maka tidak dimungkinkan ada beberapa gesekan-gesekan yang terjadi di masyarakat maupun di antara peserta Pemilu," ucap Syaemuri.

Oleh karena itu, lanjut dia, dalam Kirab Pemilu ini seluruh peserta mewakili bersama-sama untuk mengikrarkan dan membulatkan tekad bahwa Pemilu akan dilaksanakan secara damai dan lancar demi menghasilkan pemimpin-pemimpin di negara ini untuk 5 tahun mendatang.

"Kita semua juga hadir, kita semua adalah saksi," imbuhnya.

Di ujung kegiatan, perwakilan Parpol membacakan Deklarasi Damai Pemilu 2024 sekaligus penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa.

Acara diakhiri dengan penyerahan Bendera Merah Putih serta Pataka KPU sebagai simbolis rangkaian Kirab Pemilu 2024 dimulai sampai 4 November 2023.