Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran, Adi Soemarmo Layani 68.804 Penumpang

Penutupan Posko Angkutan Lebaran di Bandara Adi Soemarmo. Dian Tanti/RMOLJateng
Penutupan Posko Angkutan Lebaran di Bandara Adi Soemarmo. Dian Tanti/RMOLJateng

Posko Angkutan Lebaran 2024/1445 H di  Bandara Adi Soemarmo selama 16 hari sejak 3 hingga 18 April 2024, hari ini resmi ditutup hari ini Jumat (19/4). 


General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin dalam apel Penutupan Posko menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024 Masehi / 1445 Hijriah.

"Seluruh rangkaian kegiatan posko berjalan dengan tertib, aman, dan lancar sesuai yang diharapkan," jelasnya Jumat (19/4). 

PT Angkasa Pura I selama periode Lebaran, penumpang yang dilayani Bandara Adi Soemarmo selama periode posko Lebaran sebanyak 68.804penumpang, sedangkan untuk pesawat sebanyak 542 pergerakan pesawat, dan kargo sebanyak 194.114 kg.

“Pada pelaksanaan Posko Lebaran tahun ini, puncak arus mudik terjadi pada hari Jumat tanggal 5 April 2024 (H-5) dengan jumlah pesawat sebanyak 44 pergerakan dan jumlah penumpang sebanyak 5.329 penumpang," paparnya lagi. 

Sedangkan puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu tanggal 14 April 2024 (H+3) dengan jumlah pesawat sebanyak 48 pergerakan dan jumlah penumpang sebanyak 6.172 penumpang.

Meskipun jumlah penumpang tidak naik secara signifikan dari tahun sebelumnya, namun Erick memastikan pihaknya tetap berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa. 

"Termasuk menambah penerbangannya dari dan menuju Bandara Adi Soemarmo. Dari berbagai maskapai seperti Batik Air, Super Air Jet, Citilink dan Garuda Indonesia," imbuhnya. 

Rute favorit dari dan menuju Adi Soemarmo didominasi tujuan Jakarta baik melalui Bandara Soekarno Hatta maupun Halim Perdana Kusuma, sementara dari luar Pulau Jawa penambahan penerbangan dilakukan untuk tujuan Balikpapan.