Selera Sambal Slawi, Kuliner Eks Polisi yang Tampung  Pecinta Pedas di Tegal

Restoran Selera Sambal Slawi. Bakti Buwono/Dok.RMOLJateng
Restoran Selera Sambal Slawi. Bakti Buwono/Dok.RMOLJateng

Bagi Anda yang gemar menyantap hidangan pedas, ada tempat baru yang wajib Anda kunjungi di wilayah Tegal dan sekitarnya. 


Namanya Selera Sambal Slawi, sebuah resto yang menawarkan berbagai macam menu kuliner dengan sajian sambal yang menggugah selera.

Anda bisa menemukan resto ini di Jl. Procot Ahmad Yani No. 3 Procot, Slawi, tepat di sebelah utara Kantor Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Selera Sambal Slawi baru saja dibuka secara resmi pada Sabtu (17/2) kemarin.

Resto ini memiliki tempat yang nyaman dan representatif, cocok untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Selain itu, resto ini juga memiliki cerita menarik di balik pendiriannya. 

Siapa sangka, pemilik resto ini adalah seorang mantan polisi yang beralih profesi menjadi pengusaha kuliner.

Ahmad Mujahid, nama lengkapnya, adalah mantan Kasat Binmas Polres Tegal yang pensiun pada tahun 2021. Setelah pensiun, ia sempat mengalami masa-masa sulit dan depresi. 

Namun, ia tidak menyerah dan bangkit kembali dengan membuka bisnis rumah makan.

"Saya suka makan pedas. Bagi saya, makan tanpa sambal itu hambar. Makanya, saya ingin membuka resto yang menyediakan berbagai jenis sambal yang lezat dan nikmat," kata Mujahid saat ditemui di resto Selera Sambal Slawi, Senin (19/2).

Mujahid mengatakan, resto Selera Sambal Slawi memiliki 16 varian sambal yang bisa dipilih sesuai selera. 

Mulai dari sambal terasi, sambal bawang, sambal matah, sambal ijo, sambal merah, sambal kacang, sambal kecap, sambal tomat, sambal mangga, sambal asam, sambal rica-rica, sambal dabu-dabu, sambal roa, sambal balado, sambal petis, hingga sambal bajak.

"Sebenarnya ada 18 jenis sambal, tapi saya rasa 16 sudah cukup. Ini yang membedakan resto saya dengan resto lainnya. Sambal-sambal ini bisa dinikmati dengan berbagai menu makanan, seperti nasi, sayuran, ayam, ikan, tahu, tempe, dan lain-lain," ujar Mujahid.

Untuk harga, resto Selera Sambal Slawi juga cukup terjangkau. Ada paket hemat mulai dari Rp 13.000 hingga paket spesial Rp 38.000

Selain itu, ada juga promo diskon 50 persen pada hari pembukaan dan diskon 25 persen pada hari Minggu dan Senin.