Solo Jadi Tuan Rumah Kompetisi Robot Bawah Air Tingkat ASEAN

Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah kompetisi MATE ROV (robot bawah air) ke-4 tingkat ASEAN. Kompetisi yang digelar di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan pada Sabtu-Minggu, 6-7 Mei 2023. 


“Kami berharap peristiwa ini bisa memancing tumbuhnya minat pelajar dan mahasiswa di Solo dan sekitar untuk menekuni rekayasa robotika, khususnya robot bawah air,” ujar Dhadhang SBW, penanggung jawab kompetisi tingkat ASEAN, Jumat (5/5/2023).

Menurut pendiri Sekolah Robot Indonesia, Surabaya itu, telah banyak bermunculan komunitas dan sekolah-sekolah peminat rekayasa robotika. Hanya saja, khusus untuk robot bawah air, peminatnya masih belum banyak.

Kompetisi tingkat lokal atau nasional, pun masih jarang. Bahkan, kompetisi robot bawah air baru tahun ini masuk dalam kalender Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kompetisi tahunan yang dinaungi organisasi nirlaba Marine Advance Technology Education (MATE) berpusat di Amerika Serikat ini memperlombakan tiga kelas, yakni Scout (tingkat dasar/SD), Ranger (pelajar SD sampai SLTA) dan Explorer (mahasiswa). 

Kompetisi tingkat dunia akan digelar pada akhir 22-24 Juni 2023 dan hanya akan diikuti oleh para juara hasil seleksi di 43 regional.

Berbeda dengan tiga kali kompetisi regional yang digelar di Surabaya, penyelenggaraan seleksi di Kota Solo tahun ini akan dimeriahkan dengan pameran produk remotely operated underwater vehicle (ROV) hasil rekayasa Sekolah Robotika Indonesia, Surabaya. 

Selain melihat dari dekat robot bawah air, para pengunjung juga akan diberi kesempatan untuk menjajal sebagai pilot.

“Kami akan menyediakan layar besar untuk menayangkan apa yang terjadi di bawah air tanpa harus mendekat kolam sebagai tempat kompetisi. Sehingga, selain menjajal secara langsung, pengunjung terutama pelajar dan mahasiswa bisa mengikuti proses lomba dari dekat,” ujar Blontank Poer, koordinator pelaksana penyelenggaraan kompetisi.

Untuk memperkenalkan dan memancing minat pengembangan robot bawah air, penyelenggara mengundang pelajar dan guru dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Kota Solo. 

Khusus undangan, disediakan waktu untuk mencoba pengoperasian robot pada hari Sabtu (6/5) dari pukul 09.00 - 12.00 WIB. 

Sementara, untuk menyaksikan keseluruhan kompetisinya, masyarakat bisa menghadiri pada siang harinya, dan sepanjang hari pada Minggu.