Sosok Ini Siap Gantikan Gibran Jika Mundur Sebagai Walikota Solo

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa saat hadir dalam satu acara
Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa saat hadir dalam satu acara

Ditunjuknya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai bakal Cawapres mendamping Prabowo Subianto, otomatis kursi Walikota Solo mengalami kekosongan.


Secara regulasi untuk mengisi kekosongan  tersebut menjadi jelas menjadi kewenangan Kementrian Dalam Negeri dan Gubernur yang membawahi Bupati dan Walikota. 

Melihat kondisi yang ada kemungkinan  Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa bakal menggantikan Gibran memimpin kota Solo Gibran mundur dari jabatannya.

"Dalam regulasi organisasi, tugas wakil pasti akan menggantikan pimpinan jika berhalangan," jelasnya Selasa (24/10). 

Sejauh ini belum diketahui kapan Gibran bakal mengundurkan diri sebagai Wali Kota. Namun dirinya siap mengikuti semua aturan yang ada, termasuk menggantikan Gibran sebagai Walikota Solo. 

"Untuk itu (cuti Gibran) saya belum tahu, tanyakan pada beliau supaya tidak simpang siur," lanjutnya. 

Dijelaskan Teguh selama ini dirinya seringkali mendapat disposisi dari Wali Kota yang sudah sesuai dengan tugasnya sebagai wawali. Bahkan setiap akhir pekan sejak awal menjabat sudah biasa mendapatkan disposisi.

"Bahkan dari awal (menjabat) itu sudah biasa. Mulai Jumat sore sampai Minggu kegiatan disposisi Wali Kota," lanjut politisi PDIP ini.

Teguh menambahkan jika nanti  terpilih menggantikan posisi Walikota Solo dirinya mengaku siap menjalankan amanah tersebut. 

"Tidak ada kata siap tidak siap nggeh, artinya ya itu kan sudah dalam regulasinya jelas," pungkasnya.