Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Pemkot dan Polresta Solo MoU Road Safety Policing

Sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas sekaligus mengedukasi masyarakat untuk selalu safety dalam berkendaraan dituangkan dalam Nota Kesepakatan Road Safety Policing. 


Penandatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah kota (Pemkot)  Solo dengan Polresta Solo dilaksanakan di Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming dan Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak membubuhkan tanda tangan pada nota kesepakatan disaksikan Sekretaris Daerah Ahyani, sejumlah pejabat Korlantas Polri, Polresta Surakarta. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Solo Ade Safri sampaikan apresiasinya atas dukungan dan kerjasama Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka pengembangan smart city dengan pendekatan Road Safety Policing.

"Terkait dengan implementasi, koordinasi, kolaborasi antar satuan kerja RSP tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan implementasinya di lapangan," jelas Ade Safri, Selasa (16/11). 

Ditambahkan Ade Safri, implementasi kebijakan dalam rangka smart city tersebut, bisa meningkatkan kedisipilinan berlalu lintas. 

"Dimana ada akhirnya juga berpengaruh pada kelancaran roda perekonomian, taraf hidup dan bidang -bidang lainnya," lanjutnya. 

Wali Kota Gibran, sampaikan kemajuan yang di capai dalam smart city bidang lalu lintas, sangatlah baik. Dirinya berharap kebijakan itu segera bisa diterapkan di Kota Surakarta dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid 19.

"Semoga segera bisa diterapkan di Kota Surakarta dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid 19," pungkas Gibran. 

Untuk diketahui, kebijakan atau tujuan road safety adalah untuk mewujudkan lalu lintas yang aman selamat tertib lancar. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. 

Juga membangun budaya tertib berlalu lintasdan mewujudkan pelayanan prima di bidang lalu lintas dan angkutan jalan.