Teknisi Telkom Tewas Tersengat Listrik, PLN UP3 Semarang: Koordinasi Dulu lah!

Pemasangan instalasi internet dekat jaringan PLN. Umar Dani/Dok.RMOLJateng
Pemasangan instalasi internet dekat jaringan PLN. Umar Dani/Dok.RMOLJateng

M. Asyadi (59) Warga Sembungharjo RT 6/7 Kelurahan Genuk Kota Semarang, tewas saat memasang kabel internet, Minggu (18/2) lalu.

Teknisi salah satu perusahaan pihak ketiga dari PT. Telkom tersengat listrik tegangan tinggi milik PLN. 

Menyikapi hal ini, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Suparje Wardiyono menghimbau seluruh pihak berkoordinasi terlebih dahulu dengan PLN sebelum melakukan aktivitas yang berhubungan dengan jaringan atau instalasi listrik.

"Tegangan listrik jaringan PLN itu sangat tinggi sehingga risiko bahayanya sangat besar. Jadi marilah kita bersama-sama jaga keselamatan dalam hal kelistrikan," katanya.

Karena itu, menurut Suparje, peristiwa yang menimpa teknisi jaringan internet itu menjadi pelajaran semua pihak untuk berhati-hati saat bekerja apalagi berkaitan dengan listrik.

Sebab, dia menjelaskan, saat pemasangan jaringan internet, bila untuk Jaringan Tegangan Menengah (TM) 20 KV jarak amannya adalah 3 meter dari jaringan listrik, begitu juga Jaringan Tegangan Rendah (TR) 380V jarak amannya adalah 3 meter.

"Kami berharap masyarakat tetap menjaga jarak aman saat beraktivitas atau bekerja di sekitar jaringan listrik PLN," kata Suparje lagi.