Tiga Jabatan Eselon II di Batang Kosong

Sejumlah jabatan eselon II III dan IV di Kabupaten Batang mengalami kekosongan tahun ini. Khususnya, untuk jabatan eselon II atau setara kepala dinas, pada tahun ini kosong tiga kursi.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang, Supardi merinci tiga jabatan kosong yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Asisten 2, dan dalam waktu dekat kepala Dinas Perhubungan.

"Yang dua sudah ada pelaksana tugas (Plt). Nanti 1 Agustus 2022, mungkin akan ada Plt Kepala Dishub," katanya, Selasa (26/7).

Ia menjelaskan, penjabat (PJ) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki tidak bisa serta merta melantik pejabat baru. Untuk penjabat, segala bentuk keputusan terkait aparatur sipil negara (ASN) harus seizin Menteri Dalam Negeri. 

Pihak Pemkab Batang merencanakan pelantikan akan dilakukan setelah Pj Bupati Batang menjabat minimal tiga bulan. 

"Kalau baru sebulan dua bulan kelihatannya ada target tersendiri. Inilah yang kami hindari. Jadi secara psikis penjabat sendiri mengatakan jangan terlalu cepat," katanya. 

Supardi menyebut menentukan Plt pun tidak sembarangan butuh berbagai kemampuan serta pertimbangan.

Adapun tahun depan, akan ada tiga kekosongan jabatan eselon II lagi yaitu Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Dinas Sosial.