Tim PKM Riset Sosial Humaniora UKSW Lolos PIMNAS ke-36

Lima mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UKSW lolos dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke- 36 tahun 2023.
Lima mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UKSW lolos dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke- 36 tahun 2023.

Lima mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) lolos dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke- 36 tahun 2023.


Karya ilmiah yang akan dikompetisikan berjudul “Board Game Kraton Battle: Mengenal Kerajaan-Kerajaan Besar Nusantara melalui Pembelajaran Gamifikasi”.

Sekaligus menjadi tema yang diusung kelima mahasiswa tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Riset Sosial Humaniora (RSH).

Ketua tim PKM RSH FKIP UKSW Leonardus Bagas Kurniawan menerangkan, ke-lima mahasiswa UKSW ini mengalahkan 5.102 tim dari berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Mereka adalah Leonardus Bagas Kurniawan, Sahesti Sri Wulandari, Santoso, Yosafat Setyo Prakoso, dan Nabella Angellita Setiyono. Tim ini didampingi oleh dua dosen pembimbing yaitu Dra. Emy Wuryani, M. Hum., dan Listyanto Aji Nugroho, S. Pd., M. Pd.

"Selanjutnya, tim ini akan berlaga di PIMNAS Ke-36 bersama 525 tim yang lolos, Senin (27/11/2023) hingga Jumat (01/12/2023) mendatang di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat," kata Leonardus Bagas, Selasa (21/11).

Berlatar belakang Pendidikan Sejarah tak menghalangi mereka untuk berinovasi menciptakan media pembelajaran Sejarah yang menarik berbasis gamifikasi.

Uniknya, mereka menghadirkan sebuah papan permainan bernuansa kerajaan besar di Indonesia. Tak hanya itu, board game Kraton Battle Astana Lila ini dirancang dengan visual vintage dan klasik melahirkan suasana belajar yang asyik dan mendukung historis.

Leonardus Bagas Kurniawan bahwa boardgame Kraton Battle Astana Lila ini didesain dengan menampilkan ilustrasi titik-titik jalur empat home base kerajaan di Indonesia pada papan permainan.

"Keempat kerajaan tersebut yaitu kerajaan Majapahit, Demak, Sriwijaya, dan Mataram Islam. Dalam game ini terdapat dadu dan bidak yang akan berjalan ketika dilempar," terang dia.

Sementara itu, Dra. Emy Wuryani selaku dosen pembimbing menyampaikan rasa bangganya atas kerja keras tim tersebut.

"Usaha mereka telah membuahkan hasil, saya mengucapkan selamat berkompetisi di PIMNAS Ke-36, sukses selalu dan terus mengandalkan Tuhan," pesannya.