Trafik Intenet XL untuk Belanja Daring Libur Akhir Tahun Naik 62 Persen

Dok. XL Axiata
Dok. XL Axiata

PT XL Axiata mencatat peningkatan peningkatan akses internet ke layanan belanja dari selama libur Natal dan akhir tahun 2021 hingga 62 persen.


“Trafik akses ke layanan belanja online meliputi Lazada, Shopee,Tokopedia meningkat. Sedangkan, trafik ke layanan travelling seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com mencapai 95%,” ungkap Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam siaran rilisnya, Rabu (5/1).

Menurut dia, dinamika di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata. 

“Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, terjadi kenaikan trafik data hingga 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal. 

“Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% dibandingkan hari biasa,” papar I Gede Darmayusa.

Oleh sebab itu, lanjut dia, guna menjaga kualitas layanan melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana. Di samping itu juga kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%.  Dari sisi kenaikan trafik, aktiftas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.