Transaksi UMKM Jateng Naik 1,5 Kali Lipat, Tokopedia dan Pemprov Jateng Hadirkan Gerakan #BangkitBersama

Tokopedia, bagian dari ekosistem Grup GoTo yang juga menaungi Gojek dan GoTo Financial (GoPay), menghadirkan gerakan #BangkitBersama dengan tema ‘Yang Lokal Yang Juara, Bareng Tokopedia’ di Jawa Tengah bersama Pemprov Jateng.


"Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM lokal, termasuk di Jawa Tengah, melalui digitalisasi agar dapat menjadi juara di negeri sendiri. Di Tokopedia, kami akan terus mengembangkan UMKM lokal melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, memberikan panggung untuk promosi dan ekspansi pasar, serta menghadirkan solusi melalui teknologi untuk meningkatkan skala bisnis,” kata CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11/2021).

“Kami mengusung berbagai inovasi berpendekatan hyperlocal, misal etalase yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Ini demi memberikan UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi tidak perlu pindah ke ibukota untuk menjadi juara,” tambah William.

Menurutnya, potensi pertumbuhan UMKM Jateng masih sangat besar. Di Tokopedia, peningkatan rata-rata transaksi UMKM Jateng mencapai hampir 1,5 kali lipat pada kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020. Jumlah penjual Jateng di Tokopedia juga bertumbuh hampir 1,5x lipat.

Transaksi GoSend di sisi lain tumbuh 20% pada Agustus 2021 dibanding 2020, sedangkan transaksi GoFood melonjak 125%. 

"Lewat gerakan #BangkitBersama yang menggunakan pendekatan hyperlocal, kami berharap bisa memperkuat kontribusi Grup GoTo terhadap pemulihan ekonomi,” tambah CEO GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo.

Selama pandemi, lebih dari 4 juta mitra usaha bergabung di ekosistem Tokopedia, Gojek maupun GoPay. Kini total jumlah mitra usaha di ekosistem GoTo mencapai lebih dari 11 juta dan hampir seluruhnya UMKM lokal.

“Mengingat UMKM adalah penyokong ekonomi nasional, kolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah daerah, sangat penting guna mendorong produk UMKM lokal semakin juara di negeri sendiri,” imbuh Komisaris Tokopedia, Wishnutama.

Gerakan #BangkitBersama mencakup berbagai program untuk meningkatkan kapasitas UMKM Jateng dari sisi produksi, pemasaran, branding hingga pengembangan usaha. 

Misalnya, Sekolah Kilat Seller (SKS), Kelas Inkubasi UMKM GoTo bersama UNS dan berbagai pelatihan rutin yang dilaksanakan dengan berbagai dinas di tingkat kota, provinsi serta kabupaten di Jawa Tengah.

Terdapat juga halaman khusus Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Semarang dan Solo dengan berbagai penawaran menarik yang dapat membuat belanja masyarakat akan produk dari UMKM Jateng bisa lebih efisien.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan, Pemprov Jateng selalu berpihak pada UMKM lokal. 

"Inisiatif #BangkitBersama ini sejalan dengan upaya kami untuk mendorong UMKM lokal menjadi juara lewat ekosistem digital sehingga bisa mendorong pemulihan ekonomi daerah," ujar Ganjar.

Yang Lokal Yang Juara

Patrobas, Supermarket Aneka Jaya dan Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti merupakan beberapa contoh UMKM Jateng yang turut merasakan manfaat dari ekosistem digital Grup GoTo.

Pemilik Patrobas, Sebastian Surya Sutantio, mengungkapkan, banyak kemudahan yang  dirasakan sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, di antaranya bisa memberdayakan sejumlah pengrajin sepatu lokal dari berbagai daerah.

"Bahkan selama pandemi, kami tetap bisa mempekerjakan para karyawan dan omzet kami bisa mencapai hingga puluhan juta," terangnya.

Hal yang sama juga disampaikan Pemilik Supermarket Aneka Jaya, Rudi bercerita, selama pandemi, platform digital Tokopedia dan GoSend menjadi penyelamat bisnisnya. 

"Di sisi lain, uang elektronik GoPay juga mendukung kanal penjualan offline kami sehingga kami bisa terus menjaga kelangsungan bisnis," tambahnya.

Pemilik Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti, Ari Wibowo Subekti, berkata, “GoFood menjadi nomor satu penyumbang omzet bagi usaha kami. Platform digital membantu kami bertahan bahkan memperluas pasar selama pandemi, terutama ketika pelanggan tidak bisa makan di tempat.”

Ada juga Panna Coffee, Heritage Brass, Macrame Things, Folkafe dan Nasi Kulit Sultan, sebagai pegiat usaha lokal lain yang turut merasakan manfaat dan kemudahan dengan bergabung di ekosistem Grup GoTo, yaitu Tokopedia, Gojek dan GoPay.

Dengan beragam inisiatif serta kolaborasi yang dilakukan bersama Pemprov Jateng pada gerakan #BangkitBersama, GoTo menawarkan solusi menyeluruh baik bagi UMKM lokal, konsumen dan mitra pengemudi untuk sekaligus mendorong pemulihan ekonomi daerah hingga nasional.

Gerakan #BangkitBersama sebelumnya telah diadakan di Solo dan Surabaya dan akan terus berlanjut ke daerah lain di Indonesia. 

Implementasi gerakan ini juga mencakup program untuk membantu pemulihan kesehatan masyarakat, antara lain Rumah Oksigen Gotong Royong, donasi konsentrator oksigen, vaksin gratis untuk UMKM maupun mitra pengemudi dan masih banyak lagi.