Turnamen Sepakbola Wanita di Pemalang Sukses, Rizal Bawazier Ingin Ikut Kembangkan Bakat Atlet

Dewan Pakar PKS Rizal Bawazier di final turnamen Woman Exhibition Football 2023, Desa Wanarata, Kabupaten Pemalang. dok
Dewan Pakar PKS Rizal Bawazier di final turnamen Woman Exhibition Football 2023, Desa Wanarata, Kabupaten Pemalang. dok

Keseruan final IPPO Woman Exhibition Football 2023 diselenggarakan di Desa Wanarata, Kabupaten Pemalang, menarik perhatian Dewan Pakar Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rizal Bawazier.


Final turnamen yang diselenggarakan Ikatan Pemuda Penggiat Olahraga (IPPO) Desa Wanarata itu mempertemukan FC Galaneta melawan FC Purbalingga.  FC Purbalingga keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0.

"Pertandingan final cukup bagus, tetapi 3-0 tampak sedikit tidak seimbang. Meskipun demikian, pertandingannya seru. Skor 3-0 terasa kurang, tetapi saya mendengar bahwa juara kedua dari Bantarbolang kalah. Saya awalnya berpikir bahwa Bantarbolang akan keluar sebagai pemenang, tetapi agak mengejutkan bahwa juara pertama dan kedua berasal dari Purbalingga," kata Caleg DPRI Dapil X Jateng itu, Minggu (24/12).

Rizal Bawazier menekankan perlunya kontinuitas dalam menumbuhkan sepakbola wanita di berbagai daerah. Baginya, turnamen ini bisa menjadi pengalaman pembelajaran untuk turnamen di masa depan.

Ia menyarankan, agar lebih banyak tim yang berpartisipasi, sehingga lebih seru. Pada turnamen kali ini hanya melibatkan delapan tim.

Turnamen ini menggunakan sistem gugur, berlangsung setiap Sabtu dan Minggu.

"Kita membutuhkan lebih banyak partisipasi untuk membuatnya lebih seru. Dengan lebih banyak peserta, kita bisa menetapkan peringkat yang lebih jelas. Kita membutuhkan lebih banyak turnamen untuk mempopulerkan sepakbola wanita," ungkapnya usai menyerahkan tropi pada pemenang.

Rizal Bawazier menyatakan niatannya  menyelenggarakan turnamen setiap enam bulan untuk lebih mempromosikan sepakbola wanita.

"Saya lebih memilih mendukung sepakbola wanita atau kategori di bawah 15 tahun, karena ini mengurangi risiko cedera pada pemain yang lebih tua. Kita bertujuan untuk membina bakat dan memberikan hiburan bagi masyarakat," jelasnya.

Rizal Bawazier menyebut perlu menciptakan platform lebih baik bagi sepakbola wanita agar berkembang. Satu di antaranya dengan lebih banyak menyelenggarakan turnamen.