Udinus Ajak Para Peneliti di Seluruh Dunia Saling Bertukar Ilmu dalam Isemantic

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) akan menggelar acara International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (Isemantic) pada 16-17 September 2023. Seminar tersebut sebagai ruang diskusi dan bertukar ilmu bagi peneliti dalam maupun luar negeri.


Isemantic tahun ini mengambil tema ‘Smart Technology based on Industry 4.0 : A New Way of Recovery from Global Pandemic and Global Economic Crisis’. Gelaran ini sudah rutin dilakukan oleh Udinus setiap tahunnya. Tahun ini, akan ada empt narasumber yang ahli dalam bidang teknologi dan industri.

Isemantic sendiri merupakan akronim dari Seminar Internasional tentang Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan tersebut rencananya akan diadakan secara hybrid yakni luring dan daring. Pada kegiatan luring, akan diselenggarakan di Gedung E lantai 3 Udinus dan kegiatan daring akan diadakan melalui zoom.

Ketua Panitia iSemantic 2023, Dr. Ir. Ratih Setyaningrum, MT, IPM, ASEAN Eng mengatakan kegiatan seminar tersebut diikuti oleh peserta yang berhasil lolos dengan kriteria makalah yang telah ditentukan oleh panitia. Seperti pada tahun sebelumnya, kegiatan seminar tersebut diikuti oleh para peneliti, akademisi, mahasiswa dan masyarakat industri yang telah lolos seleksi. 

“Makalah yang diserahkan harus memenuhi kriteria di antaranya orisinalitas, kebaruan, belum dipublikasikan dan harus ditulis dalam Bahasa Inggris,” kata Ratih, Jumat (15/9).

Ia menyampaikan Isemantic menjadi ruang diskusi berskala Internasional dan dapat menjadi sarana dalam menemukan ide terbaik untuk menjalankan ide bisnis berbasis teknologi. Isemantic tahun ini, terdapat 206 paper yang telah masuk dan terdapat 92 paper akan terpublish. 

Sementara itu dari total tersebut, mengenai prosentase yang diterima pada Isemantic tahun 2023 mencapai 44 persen.

“Kami berharap Isemantic kali ini, dapat memunculkan gagasan baru guna memecahkan beberapa permasalahan yang ada,” terangnya.

Isemantic tahun 2023 diikuti oleh peneliti dari 13 negara yakni India, Irak, Malaysia, Srilanka, Taiwan, Maroko, Jepang, Niger, Azerbaijan, Filipina, Thailand, USA dan Indonesia.

Sementara narasumber yang hadir adalah Profesor Program Teknik Renaissance dari Nanyang Technological University, Prof Lalit Kumar Goel, Profesor Teknik Elektro dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM MSc, asosiasi profesor Institute of Innovative Research, Tokyo Institute of Technology, Dr. Muhammad Aziz dan Dekan Fakultas Kesehatan Udinus, Enny Rachmani, BPH, M.Cs, Ph.D.

Adapun topik yang dibahas, di antaranya topik makalah mengenai Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Listrik dan Elektronik, Teknologi E-komputasi, Teknologi Pengkajian Bahasa dan Sastra, dan terakhir mengenai Teknologi E-Health.