Undip Batang Buat Rintisan Desa Wisata Tumbrep Berkonsep Expo

Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep digelar di Kampus PSDKU Undip Batang. RMOL Jateng
Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep digelar di Kampus PSDKU Undip Batang. RMOL Jateng

Universitas Diponegoro merintis Desa Wisata Tumbrep di Kecamatan Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Perintisan itu ditandai dengan Expo UMKM dan Pamer Budaya asli Desa Tumbrep.


Expo digelar di kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNDIP Batang.

"Hari ini kami meresmikan rintisan desa wisata dengan kekhasan berbentuk Expo UMKM setiap minggu. Isi expo tiap Minggu sebanyak 20 stand asli masyarakat Desa Tumbrep," kata Ketua Pelaksana Expo UMKM dan Pamer Budaya, Ropinov Saputra, Sabtu (4/11).

Selain untuk pamer produk, expo juga untuk mengiringi budaya Desa Tumbrep yakni kuda lumping. Kesenian itu nanti dikolaborasikan dengan desa-desa sebelah, agar ke depan bisa dibentuk konsorsium desa wisata.

Kegiatan ini sebagai inovasi bagi dosen-dosen UNDIP bisa mencurahkannya disini ide pemikirannya karena akan dibuka setiap minggu.

"Hadirnya desa wisata Tumbrep bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan tentunya bisa membantu kesejahteraan masyarakatnya," tuturnya.

Produk disediakan di Expo UMKM dan Pamer Budaya merupakan asli Desa Tumbrep.

"Semuanya diproses murni dari nol hingga selesai yang dibuat oleh para masyarakat yang dijual disini," ungkapnya

Asisten Administrasi dan Umum Setda Batang Sugeng Sudiharto mengatakan, kegiatan ini wujud nyata kolaborasi Pemkab Batang dengan PSDKU UNDIP dalam mengangkat potensi UMKM dan budaya asli desa tumbrep

"Pemkab Batang memberikan dukungan dan semangat bagi UMKM desa agar terus berkembang dan bersaing secara global," terangnya.