Ungguli Petahana, Caleg Rinto Subekti Raih Suara Terbanyak di Dapil IV Jawa Tengah

Rinto Subekti, Ketua DPD Demokrat Jawa Tengah Raih Suara Tertinggi di Dapil IV Karanganyar. Dian Tanti/Dok.RMOLJateng
Rinto Subekti, Ketua DPD Demokrat Jawa Tengah Raih Suara Tertinggi di Dapil IV Karanganyar. Dian Tanti/Dok.RMOLJateng

Sempat gagal di tahun 2019 lalu, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti, kini justru menjadi peraih suara tertinggi by name di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah yang meliputi wilayah Sragen, Karanganyar, Wonogiri, dengan total 122.939 suara.


Hebatnya lagi, jumlah suara putra daerah Karanganyar ini berhasil mengungguli raihan petahana diantaranya Bambang Wuryanto dan Dolfie dari PDIP. Serta Hamid Noor Yasin dari PKS. 

Menyikapi hal ini, Ketua Demokrat Karanganyar Tri Haryadi menyambut positif Pemilu kali ini yang diakuinya penuh kejutan untuk partai berlambang bintang mercy ini.

Terlebih, torehan suara Rinto secara tidak langsung juga mengembalikan kursi DPR RI yang hilang dalam pileg 2019 lalu.  

"Ada keterwakilan Demokrat di DPR RI dari sini (Dapil IV-red) Jawa Tengah," jelas Tri Haryadi  saat ditemui RMOLJateng. 

Keberhasilan Rinto juga menjadi jawaban dari harapan yang disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat hadir di Karanganyar pada 22 Januari 2024 lalu.

Di Jateng, AHY menargetkan minimal satu caleg lolos ke parlemen di masing-masing dapil. Termasuk di Dapil IV Jateng meliputi Sragen, Wonogiri, dan Karanganyar yang ditargetkan bisa dapat satu kursi.

“Minimal di sini (Dapil IV Jateng) bisa ada wakil dari kita. Kan ada kader muda kita seperti mas Rinto ini,” pungkasnya.

Sekedar informasi, dibawah Rinto ada nama Bambang Wuryanto politisi PDIP yang memperoleh 118.384 suara.

Disusul rekan satu partainya yakni Dolfie OFP meraih 107.552. Diperingkat empat ada Diah Pikatan cucu dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri yang mendapatkan 101.125 suara.

Selanjutnya ada mantan Bupati Karanganyar dua periode, Juliyatmono dari Partai Golkar ini meraih suara 97.157. Disusul Hamid Noor dari PKS mendapatkan 92.242 suara.

Dan terakhir anggota DPR Jawa Tengah dari Gerindra, Sriyanto mengumpulkan 58.130 suara.