Voice of SWCU Siap Hadapi Kompetisi Internasional di Busan Korea Selatan

Penampilan Voice of Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., jelang kompetisi paduan suara internasional di Busan, Korea Selatan pada Oktober mendatang, Minggu (1/10). RMOL Jateng
Penampilan Voice of Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., jelang kompetisi paduan suara internasional di Busan, Korea Selatan pada Oktober mendatang, Minggu (1/10). RMOL Jateng

Manajer Voice of Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., menuturkan Voice of SWCU siap mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Busan, Korea Selatan pada bulan Oktober.


Bentuk kesiapan itu diakui Juanita dapat dilihat saat Voice of SWCU manggung dalam Konser di Balairung Universitas  Kristen Satya Wacana (UKSW) bertajuk “Laudem Gloriae Road to 19th Busan Choral Festival and Competition 2023”.

"Penampilan Voice of SWCU di “Laudem Gloriae Road to 19th Busan Choral Festival and Competition 2023”, ajang tryout sekaligus permohonan doa restu dari keluarga, karena kami akan mengikuti kompetisi 19th Busan Choral Festival and Competition 2023 di Busan," kata Juanita usai konser, Minggu (1/10).

Dia menyampaikan, Voice of SWCU akan untuk mengikuti kompetisi pada tanggal 18 hingga 21 Oktober 2023. Dua kategori akan diikuti Voice of SWCU adalah mix quayer dan folklor dan menampilkan lagu sama dengan konser ini.

"Kami akan berangkat pada tanggal 15 Oktober mendatang. Pada ajang ini kami akan memberangkatkan sebanyak empat puluh dua orang yang terdiri dari anggota Voice of SWCU, conductor, pelatih dan pemain musik," ungkap Juanita Theresia juga merupakan Dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Juanita Theresia berharap Voice of SWCU dapat memberikan penampilan terbaik pada kompetisi internasional tersebut.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., memberikan dukungan dan semangat kepada Voice of SWCU.

Acara malam ini merupakan ajang pemanasan bagi Voice of SWCU sehingga nantinya mereka bisa mempersiapkan terbaik.

"Terima kasih atas suasana yang diberikan malam ini. Pimpinan universitas sangat mendukung kegiatan ini dan saya yakin Voice of SWCU akan membawakan hasil yang luar biasa," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, terlihat Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., berkesempatan melepas tim Voice of SWCU untuk mengikuti kompetisi internasional tersebut.

Prosesi pelepasan tim Voice of SWCU ditandai dengan penyerahan bendera UKSW oleh Priyo Hari Adi kepada Manajer Voice of SWCU Juanita Theresia dan bendera Indonesia kepada conductor Voice of SWCU Eriyani Tenga Lunga, S. Mus., dan pelatih Voice of SWCU Bagus Gangsar Wibisono, S.Pd.

Priyo Hari Adi berharap tim Voice of SWCU dapat berkompetisi dengan baik dan pulang membawa nama harum UKSW. 

"Saya atas nama pimpinan mengucapkan selamat berkompetisi semoga bisa membawa hasil yang baik dan menjadi hormat kemulian bagi Tuhan," imbuhnya.

Membawakan tembang Magnificat: Primi Toni membuka penampilan Voice of SWCU semalam.

Dibalut busana kombinasi warna emas dan hijau, penampilan Voice of SWCU menyanyikan lagu Fajar dan Senja II berhasil menghipnotis penonton.

Harmonisasi suara sopran, alto, tenor dan bass mengalun merdu dan seakan memikat penonton hadir. Delapan lagu disuguhkan oleh Voice of SWCU dalam konser terbagi menjadi dua sesi tersebut.

Lagu lain dinyanyikan secara berturut-turut pada sesi ini yaitu lagu Lux Aeterna, Joshua Fought The Battle dan De Profundis.