Wali Kota Semarang Harap Bisa Naikan Kunjungan Wisata Lewat Ajang Lari Semarang 10K

Peluncuran Semarang 10K bu ISOPLUS di Borsumi. RMOL Jateng
Peluncuran Semarang 10K bu ISOPLUS di Borsumi. RMOL Jateng

Lomba lari tahunan bertajuk Semarang 10K rutin digelar setiap tahun merupakan kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengusung tema “Step Up Your Limit”.


Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, ajang lari Semarang 10K akan dilaksanakan pada 17 Desember 2023 dimulai dan diakhiri di Balai Kota Semarang.

“Kota Semarang juga sudah memiliki fokus untuk meningkatkan program sport tourism. Untuk mendukung potensi ini, berbagai aktivitas wisata olahraga juga penting untuk ditingkatkan guna memberikan pengalaman terbaik dan menambah semangat berolahraga bagi para wisatawan dan pelari di Semarang 10K Powered by ISOPLUS nantinya,” kata Ita, Senin (25/9).

Dalam ajang lari ini ditargetkan peserta mengikuti sekitar 2.000 pelari akan mengajak para pelari untuk berkompetisi secara sehat.

Saat ini, lanjut Wali Kota Ita, Kota Semarang sudah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata diminati warga lokal hingga turis mancanegara. Pasalnya, daya tarik wisata dan kualitas infrasturktur di Kota Lunpia ini sudah semakin beragam dan kondusif.

Ajang sama di tahun lalu, lanjut Ita, sudah dilakukan evaluasi sehingga penyelenggaraan pada tahun ini diharapkan lebih baik lagi terutama dari segi rute akan dilalui para pelari.

"Di tahun lalu banyak yang mengeluhkan kebocoran track karena banyak orang-orang masuk, itu akan kami benahi kemudian dari segi infranstruktur juga akan kami perbaiki," jelasnya.

Selain itu, dalam ajang Semarang 10K kali ini juga ditargetkan ada puluhan pelari internasional mengikuti kegiatan ini.

"Slot internasional ini juga pernah dibuka tapi sebelum pandemi. Harapannya dibukanya slot ini bisa makin menambah daya tarik sport tourism bagi Semarang dan ikut mempromosikan," tuturnya.

Semarang 10K Powered by ISOPLUS mengajak 2.000 pelari untuk berkompetisi memenangkan total hadiah Rp424 juta. Kategori dibuka mulai overall bagi para pelari internasional, kategori nasional, kategori pelajar, hingga kategori master. Untuk pendaftar akan dikenakan biaya Rp275.000. 

"Harapannya, Semarang 10K Powered by ISOPLUS dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan luar biasa dari tahun sebelumnya, untuk para pelari, masyarakat, dan semua pihak yang terlibat," papar Marketing Manager RTD Beverages Category WINGS Group Indonesia, Joshua Gunawan.