Warga Grobogan Diserbu Ribuan Lalat Dari Kandang Ayam

Warga Keluhkan Serbuan Lalat Di Desa Tegowanu, Rabu (21/02) Siang, Foto: Rubadi/RMOLJateng
Warga Keluhkan Serbuan Lalat Di Desa Tegowanu, Rabu (21/02) Siang, Foto: Rubadi/RMOLJateng

Warga Grobogan, Jawa Tengah, keluhkan lalat yang menyerbu pemukiman warga. Kejadian itu dipicu akibat kurang bersihnya pengelolaan ayam yang jaraknya cukup dekat dengan pemukiman warga.


Kandang ayam tersebut berasal dari Desa Sukorejo, Kecamatan Tegowanu, Grobogan, Jawa Tengah. Setiap hari warga harus berjuang membasmi serbuan lalat yang berterbangan di rumah mereka.

Untuk mengurangi serbuan lalat tersebut warga menggunakan lem kertas untuk membasminya. Setidaknya mereka perlu 8 hingga 10 lem kertas tiap harinya.

"Kurang lebih 10 hari (ini) serbuan lalat mendatangi pemukiman. Tapi paling banyak di sini. Pokoknya tidak nyaman sekali," terang salah satu warga Sukorejo, Darli (42) pada Rabu (21/02) siang.

Mereka mengaku aktivitas mereka terganggu meski di dalam rumah sendiri. Hal itu karena lalat menyerbu pada makanan mereka. 

Senada diungkapkan Jasmani (50) dia mengatakan warga setempat sudah sering melakukan aksi protes terhadap pemilik kandang akan tetapi tidak digubris.

Sementara pihak desa menolak menjawab saat dikonfirmasi soal izin kandang tersebut. Diperkirakan lantaran si kepala desa merupakan salah satu pemilik kandang ayam tersebut.

Warga berharap desa bisa memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini.