BPJS Kesehatan Surakarta Buka di Mal Pelayanan Publik Sukoharjo

BPJS Kesehatan Cabang Surakarta membuka layanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sukoharjo.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Yessi Kumalasari mengatakan, MPP merupakan salah satu kanal layanan BPJS Kesehatan yang dapat digunakan calon peserta atau peserta JKN dalam melakukan proses administrasi kepesertaan.

"BPJS Kesehatan menempatkan satu staf standby untuk melakukan layanan kepada peserta. Hal ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan memberikan kemudahan yang cepat, mudah, dan terjangkau kepada peserta," kata Yessi Kumalasari, Jumat (3/6).

Selain di Sukoharjo, BPJS Kesehatan Cabang Surakarta juga membuka layanan di MPP Kota Surakarta dan Karanganyar. 

Tak hanya MPP, kanal layanan lain yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN, diantaranya Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, CHIKA (Chat Assistant JKN) di nomor 08118750400, PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp) di nomor 08118165165, Mobile Customer Service (MCS), website BPJS Kesehatan, kantor cabang, dan kantor kabupaten BPJS Kesehatan.

Per Mei 2022, capaian kepesertaan Kabupaten Sukoharjo mencapai 87,14 persen artinya sebanyak 783.043 penduduk telah terdaftar Program JKN-KIS.

Dari total tersebut, 36,25 persen terdaftar Penerima Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK), 27,53 persen terdaftar Pekerja Penerima Upah (PPU), 15,90 persen terdaftar Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), 5,13 persen terdaftar PBPU BP Pemda, dan 2,32 persen terdaftar Bukan Pekerja (BP).

Melalui aplikasi mobile JKN, peserta dapat memanfaatkan fitur lain. Diantaranya ketersediaan tempat tidur, pendaftaran antrean, info jadwal operasi, pendaftaran autodebit, skrining riwayat kesehatan, dan pendaftaran REHAB (Rencana Pembayaran Bertahap).

"Dengan aplikasi mobile JKN, peserta dapat menghemat waktu dan biaya, karena dimanapun dan kapanpun peserta dapat mengaksesnya," pungkas Yessi.