PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama sejumlah
BUMN menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana
gempa Lombok.
- AKBP Eko Sunaryo Cek Stok Beras Di Pasar Tradisional, Antisipasi Lonjakan Permintaan Di Bulan Ramadan
- Pabrik Bata Ringan di Purwanegara, Diyakin Bisa Kurangi Angka Pengangguran
- APBD Salatiga Tahun 2024 Bersumber Dari DBHCHT, Pj Wali Kota: Sesuai Regulasi
Baca Juga
"Bantuan ini merupakan salah satu komitmen Telkom dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan bentuk kepedulian kepada masyarakat, khususnya masyarakat Lombok yang sedang tertimpa musibah," kata Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (8/8).
Siti Choiriana berkesempatan mengunjungi langsung tenda-tenda penampungan pengungsi, termasuk menemui anak-anak korban gempa di Posko Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Kota Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.
"Bantuan ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana gempa bumi di Lombok. Sebagai wujud BUMN Hadir untuk Negeri, Telkom harus hadir dalam situasi apa pun terlebih lagi kondisi pasca gempa seperti sekarang ini. Spirit kita adalah memberikan yang lebih untuk membuat kondisi menjadi lebih baik," ungkap Siti Choiriana.
Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat, TelkomGroup memberikan paket khusus berupa gratis panggilan 50 menit dan gratis 200 SMS ke semua operator selama tujuh hari bagi semua pelanggan prabayar Telkomsel yang ada di Lombok.
Tak hanya itu, TelkomGroup juga memberikan bantuan kebutuhan pokok serta sarana dan prasarana lainnya. Bentuk bantuan yang berikan antara lain dua mobil boks, dua unit sarana MCK, material untuk rumah ibadah di tiga lokasi, genset, sembako, dan selimut serta bantuan telepon gratis di lokasi-lokasi pengungsian.
Bantuan tersebut disalurkan melalui Posko BUMN Hadir untuk Negeri yang dikoordinir oleh Bank Mandiri, selanjutnya seluruh bantuan disalurkan ke sejumlah kecamatan yang terdampak bencana gempa.
Sementara itu, terkait dengan pemulihan layanan telekomunikasi, TelkomGroup mengaktifkan Crisis Management Team yang bertugas mengawal pemulihan infrastruktur dan layanan serta mengkoordinasi penyaluran bantuan kepada masyarakat.
Tim ini melakukan pemantauan kondisi lapangan selama 24 jam di Crisis Center Nasional di Jakarta serta di Posko Darurat TelkomGroup Kantor Witel Mataram.
Siti Choiriana memaparkan, layanan seluler maupun Internet saat ini telah pulih.
"Seluruh
infrastruktur dan layanan TelkomGroup di Lombok saat ini telah normal
kembali. Namun demikian, TelkomGroup masih terus melakukan pemantauan
dan langkah-langkah mitigasi guna mengurangi dampak bencana, khususnya
terhadap infrastruktur dan alat produksi TelkomGroup di Pulau Lombok,"
demikian Siti.
- Pemkab Fasilitasi Produk UMKM Dikenal Masyarakat
- Rugi Rp300.000.000, Kandang Berisi 7.000 Ekor Ayam Ludes Terbakar Di Ambarawa
- Bangkitkan Ekonomi Semarang dengan Dorong Pelaku Usaha Melek IT