Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga Purbalingga Ludes Terbakar

Peristiwa kebakaran menimpa sebuah rumah di Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jumat (7/1).


Penyebabnya diduga akibat pemilik rumah lupa mematikan kompor usai menggoreng singkong.

Kapolsek Bukateja, Purbalingga AKP Wartono mengatakan kebakaran menimpa rumah milik Sarim (28) warga Desa Kutawis RT 1 RW 11, Kecamatan Bukateja. 

"Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut, namun rumah korban berukuran 12 x 9 meter ludes terbakar berikut isinya," jelas kapolsek, Sabtu (8/1).

Berdasarkan keterangan pemilik rumah sebelum kejadian ia baru saja menggoreng singkong di kompor berbahan bakar gas. Usai menggoreng ia lupa tidak mematikan kompor namun langsung membawa singkong goreng ke teras untuk dimakan.

"Saat kembali ke dalam rumah, korban mendapati api sudah membakar bagian dapur rumahnya. Diduga api berasal dari kompor yang lupa dimatikan," jelas kapolsek.

Korban bersama warga berusaha memadamkan api dengan air yang ada di sekitar lokasi. Namun api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bagian rumah. 

Api mudah membesar karena bangunan rumah hanya bagian samping saja yang terbuat dari tembok. Seluruh sekat dan bangunan lain terbuat dari  bambu dan kayu.

"Akibat kebakaran tersebut, korban menderita kerugian yang ditaksir mencapai Rp50 juta,"

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar waspada kebakaran. Selain itu, memastikan tidak lupa mematikan kompor usai digunakan sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran.