Ninja Xpress Bantu UMKM Promosikan Produk, Dorong Naik Kelas Mumpung Penjualan Online Bagus

Ninja Xpress Suara UKM Negeri bantu promosikan produk pelaku UMKM di e-commerce. Dicky Aditya/RMOLJateng
Ninja Xpress Suara UKM Negeri bantu promosikan produk pelaku UMKM di e-commerce. Dicky Aditya/RMOLJateng

Masyarakat Indonesia kini dalam berbelanja sudah mudah sekali seiring zaman maju. Sistem jual beli online di e-commerce membantu konsumen dan penjual mudah lakukan transaksi. 


Bangkitnya model penjualan semacam itu justru dimulai sejak pandemi Covid-19. Ninja Xpress, salah satu perusahaan logistik hadir memfasilitasi pengiriman barang dari penjual ke pembeli secara mudah. 

Selain sekedar kirim barang murah dan cepat, Ninja Xpress juga menyediakan program promosi produk. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diajak kerja sama menampilkan foto dan video produk untuk dibantu promosikan ke customer. 

Head of Public Relation (PR) Ninja Xpress Ribka Pratiwi menjelaskan, cakupan pengiriman Ninja Xpress semakin luas ke seluruh daerah di penjuru Indonesia. Konsep Ninja Xpress berubah seiring tuntutan pasar, selain ekspedisi juga memiliki program 'Suara UKM Negeri', untuk membantu pelaku usaha kecil. 

"Justru bisnis teman-teman UMKM bagus sesudah pandemi Covid-19. Akhirnya kita mulai lagi konsep baru Ninja Xpress untuk siap bantu sekaligus mendorong para UMKM naik kelas. Di program itu UMKM bisa share foto untuk kita promosikan. Kita ajak juga UMKM kecil kerja sama dengan brand untuk jadi reseller," terang Ribka, dalam acara gathering, Kamis (16/5). 

Pasar Kota Semarang bagi Ninja Xpress, kata Ribka, bagus dan menarik, antara penjual dan pembeli seimbang dalam memanfaatkan e-commerce untuk jual beli online. 

"Kita ingin survei di Kota Semarang apalagi peluang bisnis juga semakin besar. Seperti lifestyle, di TikTok juga sekarang sedang berjaya. Shopee juga, tinggal order barang langsung kirim," kata dia lagi. 

Satu lagi program bakal ditawarkan bagi distributor, pelaku UMKM dan public figure tertentu dalam promosi melalui 'affiliate'. Jadi modelnya, Ribka menjelaskan, iklan serta penjualan produk dapat semakin luas pasarnya, termasuk promosinya juga di bantu, public figure bertugas mempromosikan barang. 

"Jadi, iklan promosinya di media sosial. Terus juga memanfaatkan e-commerce di TikTok Shop, Shopee, Tokopedia, sudah bisa kerja sama affiliate ini. Meski jualan via Shopee, dan sebagainya, linknya bisa langsung di akses secara mudah. Sehingga, kita minta juga affiliate untuk menggunakan berbagai platform," papar Ribka. 

"Kalau di Semarang banyak juga produsen kerja sama ikut program ini, jadi dia bisa beli langsung kebutuhan bahan baku produksi. Sehingga, kita berikan kemudahan itu ke teman-teman melalui Ninja Xpress," tambah dia. 

Bagi konsumen juga sangat mudah, Ninja Xpress menyediakan pembelian sistem cash on delivery (COD), satu keunggulan dibandingkan kompetitor.