Ada tiga jalur kereta PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daop VI, Yogyakarta, yang terdampak banjir di wilayah Semarang. Yakni di Petak Jalan Semarang Tawang - Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu.
- Dua PWI Siap Rekonsiliasi Demi Kebaikan Pers Indonesia
- Main Di Waduk Jatibarang, Dua Orang Anak-anak Di Bawah Umur Tewas Tenggelam
- Tabrakan Mobil Pajero Dan Vario Di Jalan Madukoro, Pengendara Motor Tewas
Baca Juga
Jalur Kereta Api (KA) pada 3 titik tersebut tergenang air sejak Kamis (14/03) dini hari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api.
Akibat peristiwa tersebut, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan teratasinya kondisi banjir yang melanda Semarang.
"Hal tersebut terdampak juga pada KA-KA yang melewati Daop VI dan mengarah ke tujuan Semarang," jelas Manager Humas Daop VI Yogyakarta, Krisbiyantoro, dalam keterangannya, Kamis (14/03).
Imbas banjir tersebut menyebabkan beberapa KA Daop VI juga dibatalkan perjalanannya sebagai berikut:
KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal. Kemudian
KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan,
KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang, dan
KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan.
"Selain itu ada juga beberapa KA yang semestinya lewat jalur utara dialihkan perjalanannya melalui Lintas Selatan Solo - Yogyakarta - Kroya - Purwokerto - Cirebon," imbuhnya.
Kereta api yang dialihkan melalui Jalur Selatan meliputi 10 kereta dengan tujuan Jakarta yakni: Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, dan Blambangan.
Kemudian ada 8 KA ke arah Surabaya yang mengalami pengalihan rute juga yakni Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, Gumarang.
Ditambahkan Krisbiyantoro, bagi para pelanggan yang perjalanan kereta apinya terimbas, maka PT KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan.
Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk keterangan lebih lanjut bisa Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
"Manajemen dan seluruh jajaran KAI, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Saat ini petugas KAI terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," pungkasnya.
- UMUKA Solo Perluas Kerjasama Dengan RS Paru Mangunharjo Madiun
- Bacagub Ahmad Luthfi: Ekonomi Masyarakat Dari Pasar Bisa Bergerak
- Pebiliar Berusia 74 Tahun Raih Emas: Tan Kiong An Dari Cabor Biliar