Produk Fashion Dobujack Gandeng Shopee Penetrasi Pasar di Ranah Digital

Pemasaran digital menjadi strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru mendekatkan dengan konsumen. Dunia fashion turut memanfaatkan kemudahan platform e-commerce seperti Shopee untuk memperluas jangkauan dan kemudahan akses bagi konsumen.


Pemilik bisnis clothing brand dari Bandung, Dobujack, Delly Fitriansyah mengatakan, perkembangan bisnis belanja online mendorong untuk mulai berjualan dan bergabung bersama Shopee. Demi mengembangkan bisnisnya, di tahun 2020 Delly akhirnya masuk dan sukses mengembangi ranah digital bersama Shopee. 

"Ragam inovasi, fitur, serta program yang ditawarkan mulai dari kampanye angka kembar, promo Gratis Ongkir, hingga fitur menarik seperti Shopee Live membuat Dobujack memutuskan untuk memperluas jangkauan bisnisnya ke ranah digital," ungkap Delly, di sela-sela Shopee10.10 Brands Festival - Semangat Dobujack Perkenalkan Produk Fashion Lokal Kekinian Untuk Anak Muda Indonesia, secara virtual. 

Delly mulai membangun usaha pada tahun 2005, sedangkan Dobujack, singkatan dari Doa iBu Jadi Anak Cepat Kaya. Perubahan tren dari waktu ke waktu membuktikan bahwa pakaian tidak hanya sekadar pelindung tubuh, tetapi juga sebagai tanda perkembangan zaman. 

Dobujack berfokus memperkenalkan tren fashion unisex untuk para pria hingga wanita dengan mengedepankan gaya kasual, simpel, nyaman, namun trendi. Melalui ragam produk Dobujack, Delly berupaya membawa warna baru dengan menghadirkan variasi produk yang berkualitas. 

"Menyasar generasi muda yang memiliki spirit fashion penuh petualang, strategi penjualan kami diawali secara offline dengan menitipkan produk pada toko-toko distro Bandung. Kemudian, ingin mendapat atensi yang lebih besar, kami memberanikan diri memperluas distribusi hingga 15 titik kota besar seperti Jakarta, Jogja, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Surabaya. Hingga akhirnya tahun 2008 kami berhasil membuka gerai distro pertama di Bogor, dan berlanjut di Bandung tahun 2014, dan Bekasi pada 2017," tambah Delly Fitriansyah.

Tidak hanya inovasi dan program yang menguntungkan, lanjut dia, Shopee juga memberikan wadah bagi para penjual untuk meningkatkan skill & knowledge menjadi lebih baik melalui beberapa aktivitas training/webinar. Di samping itu, membantu beradaptasi cepat pada situasi pandemi demi menjaga keberlangsungan bisnis. 

Dengan antusiasme pengguna terhadap produk-produknya, Delly berupaya untuk semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand terhadap konsumen, salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam kemeriahan kampanye 10.10 Brands Festival. 

Menyambut berlangsungnya kampanye, Delly melakukan persiapan dengan optimal seperti jumlah stock, manpower, dan beragam aktivasi serta kolaborasi bersama KOL dan influencer. Tidak hanya itu, Dobujack juga telah merasakan pengaruh positif dalam perluasan jangkauan produk dan pertumbuhan penjualan tokonya. 

Koleksi-koleksi Dobujack menjadi produk best seller hingga masuk nominasi Shopee Super Award 2021, kategori Super Favorite Local Brand. Penjualan 10.000 paket dalam sehari disaat tanggal kembar. Penjualan bulanan tertinggi urutan keempat dalam kategori Men Fashion. Penjualan produk terlaris no.1 di Coach Jacket. Serta masuk Top Ten produk terlaris kategori long sleeve, tshirt dan hoodie.

Salah satu program yang sedang berlangsung adalah keikutsertaan kami pada kemeriahan kampanye Shopee 10.10 Brands Festival. Program ini menjadi momentum bagi para pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan.

"Kami berharap pengguna dapat menikmati penawaran menarik dan pilihan produk kami di kampanye kali ini. Dan tentunya kedepannya kami berupaya agar kehadiran brand Dobujack ini dapat menghidupi semakin banyak kepala keluarga seiring berkembangnya perusahaan, mendorong kreativitas anak muda dalam berekspresi, serta mampu mendorong perkembangan ekonomi Indonesia khususnya di bidang fashion UMKM," tutup Delly.